Viral Kalah Skor tapi Lolos Tes Rekrutmen BUMN, Kementerian Buka Suara

 

REKRUTMEN BUMN: Ilustrasi Lowongan Kerja -Foto dok finance.detik.com

BORNEOTREND.COM- Kabar mengenai seleksi rekrutmen BUMN menghebohkan jagat maya Twitter. Sebuah akun Twiter berkicau mengeluhkan soal hasil seleksi tersebut.

Meski memperoleh skor yang lebih tinggi untuk tes Bahasa Inggris, akun tersebut kecewa karena ia tak lolos seleksi batch 2. Padahal, ada peserta dengan nilai tes Bahasa Inggris lebih rendah dan lolos pada tahap tersebut.

Seperti dilihat detikcom, Minggu (22/1/2023), akun Twitter itu mengatakan, kedua hasil tes tersebut untuk lamaran pada posisi dan perusahaan yang sama. Akun tersebut juga menyertakan foto hasil tes pada cuitannya.

Merespons hal tersebut, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menjelaskan, sistem kelolosan untuk tes online 2 berbeda dengan dengan tes online 1.

"Untuk kelolosan online test 2 berbeda dengan online test 1 yang memang hanya berdasarkan nilai TKD dan AKHLAK peserta," katanya kepada detikcom, Minggu (22/1/2023).

Dia mengatakan, tes online 2 tidak hanya memperhitungkan tes Bahasa Inggris. Namun, kata Arya, digabung dengan tes online 1.

Kemudian, berdasarkan hasil verifikasi berkas dan preferensi masing-masing BUMN. Jadi, kata dia, memang ada yang skornya rendah tapi malah lolos tes.


"Untuk online test 2, tidak hanya nilai test bahasa Inggris yang dijadikan dasar kelulusan, melainkan digabung juga dengan nilai online test 1, hasil verifikasi berkas dan preferensi masing-masing BUMN setelah melihat profil peserta sehingga memang ada yang rankingnya lebih rendah namun malah lolos," jelasnya.


Namun begitu, ia menyampaikan terima kasih atas respons masyarakat. Menurutnya, proses seleksi BUMN semakin transparan.

"Kita berterimakasih atas respons-respons dari peserta dan masyarakat dan menunjukkan bahwa proses masuk BUMN semakin transparan dan bisa diakses oleh publik," kata dia.

Sumber: finance.detik.com

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال