Camat Bantumandi: Tidak Semua Usulan Musrenbang Bisa Direalisasikan

MUSRENBANG: Kecamatan Batumandi menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tingkat Kecamatan – Foto Dok


BORNEOTREND.COM - Pemerintah Kabupaten Balangan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tingkat Kecamatan di gedung serbaguna, Kecamatan Batumandi, Kamis (26/1/2023).

Dalam Musrenbang, mayoritas masyarakat mengajukan usulan terkait pembangunan infrastruktur di desanya masing-masing.

Camat Batumandi, Abdul Khair yang hadir dalam acara ini meminta warga untuk maklum karena tidak semua usulan bisa direalisasikan dan pastinya ada tahapan-tahapan tertentu harus dilakukan.

“Dalam beberapa usulan yang disampaikan perlu adanya pembicaraan dan koordinasi lebih lanjut oleh dinas terkait tentunya bukan karena dari segi anggarannya saja, akan tetapi usulan mana yang lebih utama harus direalisasikan dari beberapa usulan yang disampaikan dalam Musrembang kecamatan,” sebutnya.

Namun, Abdul Khair memastikan beberapa usulan guna perkembangan program pembangunan di desa dan akan terus dikawal sampai ke Musrembang tingkat kabupaten.

“Diharapkan dengan adanya musrenbang ini, aparat desa bisa melaksanakan tugas sesuai fungsi masing-masing guna suksesnya program pembangunan desa,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, tujuan digelarnya Musrenbang adalah sebagai wadah untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan desa yang menjadi kendala kemajuan desa tersebut.

Abdul Khair mengatakan, dana anggaran hasil usulan musrenbang nantinya akan diprioritaskan bukan hanya untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan saja, akan tetapi sebagian akan diprioritaskan juga untuk bantuan sosial.

Menurutnya, ada beberapa usulan yang dibahas dalam musrenbang. Di antaranya adalah usulan pembangunan infrastruktur Jalan Usaha Tani (JUT) dan perbaikan jalan lintas provinsi yang ada di beberapa desa.

Lebih lanjut, Abdul Khair meminta pemerintah daerah bukan hanya memberikan bantuan saja akan tetapi juga ikut memantau jalannya perkembangan bantuan yang disalurkan dan perbaikan jalan yang termasuk dalam usulan pembangunan infrastruktur nantinya.

“Apakah sudah benar-benar dilaksanakan sesuai anggaran yang sudah disediakan,” ujarnya.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال