3 Jam Lebih Berjibaku, BPBD Barsel Berhasil Padamkan Karhutla

KERJASAMA: Anggota BPBD Barsel bekerjasama memadamkan kebakaran di lahan rawa di Desa Pamait Kecamatan Dusun Selatan – Foto Dok


BORNEOTREND.COM – Petugas gabungan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) berhasil memadamkan api yang membakar rawa seluas 5 hektar di Desa Pamait, Kecamatan Dusun Selatan, Selasa (17/1/2023) sore. 

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barsel, Alip Suraya SP MM mengatakan, pemadaman dilakukan selama 3 jam lebih mulai dari pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. 

"Alhamdulillah atas kerjasama semua tim, api bisa kita padamkan sekitar kurang lebih 3 jam," kata Alif kepada wartawan di kantornya, Rabu (18/1/2023). 

Saat melakukan pemadaman, katanya, petugas gabungan terkendala ketika menjangkau titik api yang jaraknya sejauh 500 meter dari jalan raya. Selain itu, kondisi rawa-rawa juga cukup menyulitkan para petugas memadamkan api. 

"Kita memblok api itu supaya cepat padam, karena asap juga mempengaruhi pandangan saat itu," jelas Alif.

LAHAN RAWA: Lokasi kebakaran hutan di lahan rawa Desa Pamait cukup menyulitkan petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api – Foto Dok

Guna mengantisipasi kejadian serupa tidak terjadi, BPBD Barsel sudah menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang selalu siaga untuk melakukan pemadaman kebakaran.

Selain itu, BPBD Barsel juga menggencarkan sosialisasi tentang cara mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat, terutama bagi masyarakat yang memiliki hobi memancing untuk tidak sembarangan membuang puntung rokok. 

"Untuk penyebab karhutla masih dilakukan penyelidikan, tapi kita imbau masyarakat untuk selalu berhati-hati terhadap menggunakan api," pungkasnya.

Penulis: Digdo

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال