Waspada Ular Kobra di Musim Hujan

WASPADA ULAR: BPBD Kabupaten Balangan membuat poster yang berisi imbauan untuk waspada terhadap ular kobra – Foto Dok

BORNEOTREND.COM – Warga di Kabupaten Balangan diminta untuk waspada ketika bertemu dengan ular kobra. Pasalnya, beberapa kali ada kejadian hewan berbisa ini masuk ke rumah, bahkan ada yang memakan korban jiwa sampai meninggal dunia karena gigitan hewan mematikan ini. 

Kepala Pelaksana BPBD Balangan, H Rahmi menjelaskan bahwa saat ini sampai Januari 2023 mendatang merupakan musim penghujan dimana menjadi musim anak ular kobra menetas, sehingga anak-anak ular kobra banyak bermunculan di permukiman warga. 

Oleh karena itu, H Rahmi meminta kepada masyarakat untuk waspada terhadap gigitan ular kobra, karena mampu melumpuhkan syaraf dan otot mangsanya hanya beberapa menit saja, bahkan sampai menyebabkan meninggal dunia. 

"Di musim ini rentan sekali binatang liar terutama ular kobra memasuki permukiman bahkan ke rumah-rumah bagian dapur serta kolong-kolong rumah," katanya, Selasa (27/12/2022).

H Rahmi kemudian mengimbau kepada masyarakat untuk selalu rutin menjaga kebersihan rumah serta lingkungannya guna menghindari binatang liar masuk rumah, terutama ular kobra.

"Bersihkan rumah dari tumpukan sampah sisa makanan, kardus dan lain sebagainya, gunakan pembersih lantai atau kapur barus, karena ular tidak menyukai bau yang tajam, dan tutup semua lobang air dan selokan yang memungkinkan ular bisa masuk," pesan dia.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال