Sambut Peringatan Hari Armada RI dan HUT Kowal ke-60, TNI AL Banjarmasin Laksanakan Ziarah ke TMP Bumi Kencana Banjarbaru

FOTO BERSAMA: Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko MTr Hanla, Prajurit TNI AL serta Ketua Cabang 4 Korcab XIII DJA II Ny Farrah Herbiyantoko dan para pengurus berfoto bersama usai melaksanakan ziarah ke TMP Bumi Kencana Banjarbaru – Foto Dok

BORNEOTREND.COM - Prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin melaksanakan kegiatan ziarah rombongan dan tabur bunga bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Kencana, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (2/12/2022). 

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko MTr Hanla mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut peringatan hari Armada RI pada tanggal 5 Desember tahun 2022 dengan tema "Komando Armada RI Pengawal Samudra Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" dan memperingati HUT Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) ke-60 pada tanggal 5 Januari tahun 2023 dengan tema "Profesionalisme Dalam Mengabdi, Siap Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

"Jadi kegiatan ziarah itu diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, peletakkan karangan bunga, penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan dan diakhiri dengan melaksanakan tabur bunga di pusara arwah para pahlawan," katanya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sosial berupa paket sembako dan tali asih kepada 8 orang petugas dan pengurus makam TMP Bumi Kencana sebagai bentuk kepedulian dan perhatian TNI Angkatan Laut terhadap sesamanya.

“Kita memanjatkan syukur Alhamdulilah kepada Tuhan Yang Maha Esa, pelaksanaan ziarah dan tabur bunga berjalan lancar dan khidmat. Kegiatan yang kita lakukan ini merupakan rangkaian dalam rangka menyongsong peringatan hari Armada RI sekaligus HUT Kowal,” kata Danlanal.

Oleh karenanya, tambah dia, maksud dan tujuan ziarah ini adalah untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan yang telah mendahului dan mengharumkan bumi pertiwi, dimana para pejuang tersebut telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi keutuhan bangsa dan negara yang kita cintai ini, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.

Para pejuang tersebut, katanya, merupakan wujud nyata suri tauladannya dan jiwa patriot nasionalisme serta patut dijadikan contoh yang baik bagi generasi muda guna mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat di segala bidang serta diharapkan semakin memperkokoh rasa cinta terhadap tanah airnya. 

"Salah satunya adalah dengan cara menyiapkan diri sebaik mungkin untuk mewujudkan serta mensukseskan masa depan bangsa indonesia pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," pungkasnya.

Adapun kegiatan ziarah ini dipimpin oleh Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko MTr Hanla dan diikuti oleh Prajurit, PNS serta ketua Cabang 4 Korcab XIII DJA II Ny Farrah Herbiyantoko dan para pengurus.

Penulis: Fathur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال