Pemkab Kotabaru Gelar Rakor Pembahasan Draf Nota Kesepakatan Tol Laut Bersama 6 Kabupaten

 

DISKUSI: Rakor pembahasan draf nota kesepakatan tol laut oleh Pemkab Kotabaru bersama 6 Kabupaten - Foto Dok 

BORNEOTREND.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru melakukan pembahasan final Penandatanganan Kesepakatan Bersama dengan 6 Kabupaten tentang Pengembangan Perekonomian Daerah Melalui Pemanfaatan Transportasi Laut Antar Pelabuhan, Rabu (16/11/2022) yang berlangsung di Operation Room Setda Kotabaru.

Kegiatan ini oleh Pemerintah Kota Bontang, Pemerintah Kota Balikpapan, Pemerintah Kabupaten Barru, Pemerintah Kabupaten Mamuju, Pemerintah Kabupaten Pasangkayu. Kemudian kegiatan juga dihadiri oleh kepala KSOP kelas III Kotabaru-Batulicin, kepala balai pengelolaan transportasi darat wilayah 15 Kalsel, kepala balai pengelolaan transportasi darat wilayah Kaltim- Kaltara dan kepala balai pengelolaan transportasi darat wilayah 19 Sulsel-Selbar.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kotabaru Drs. Minggu Basuki mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan ini untuk mendengarkan paparan mengenai rencana pelabuhan tol laut yang menghubungkan 6 Kabupaten/Kota.

"Lalu kami juga membahas nota kesepakatan bersama yang kemarin sudah dibahas di Kabupaten Mamuju. Apabila dalam kegiatan ini nantinya nota kesepakatan sudah final, maka besok kita tinggal penandatanganan bersama," ucapnya.


Sementara itu, Sekretaris Daerah Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, MM mengucapkan selamat datang kepada para tamu undangan dan mengharapkan dari pertemuan ini dapat menjadi langkah maju dalam menghadapi IKN. 

Selain itu dirinya juga berharap, dengan adanya tol laut bisa menonjolkan keunggulan daerah masing-masing. 

"Paling tidak yang diharapkan potensi apa yang ada di Kabupaten yang bisa kita pasarkan melalui tol laut yang kita buat ini. Contohnya Kabupaten Kotabaru dimana potensi masyarakatnya agraris yaitu disektor perkebunan dan sawit, terus kedua terbesar disektor Perikanan. Jadi ada tukar menukar produk unggulan apa yang ada di daerah masing-masing," harapnya.

Lalu unggulan Kabupaten Kotabaru lainnya juga wisatanya yang memiliki daya tarik tersendiri. 

"Tol laut ini juga nanti diharapkan selain angkutan penumpang juga angkutan barang sambil berekreasi karena sekarang unggulan di Kotabaru adalah wisata," timpalnya lagi.

Penulis: Daeng

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال