Nasdem Balangan Ingin Alokasi Kursi DPRD di Dapil 4 Ditambah Menjadi 8 Kursi

FOTO BERSAMA: Sekretaris Wilayah Nasdem Provinsi Kalsel Haji Rozanie, Bupati Balangan H Abdul Hadi dan Anggota DPRD Balangan Muhammad Rizkan berfoto bersama – Foto Dok


BORNEOTREND.COM – Anggota DPRD Kabupaten Balangan dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Muhammad Rizkan menginginkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan menelaah kembali penetapan alokasi kursi di tiap Daerah Pemilihan (Dapil) agar disesuaikan lagi dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 tahun 2022 tentang Penataan Dapil dan Alokasi Kursi, yaitu prinsip pertama penentuan jumlah kursi adalah prinsip kesetaraan nilai suara dimana 1 orang penduduk satu suara satu nilai.

Maka dari itu, dia meminta agar jumlah alokasi kursi lebih ditekankan kepada jumlah penduduk.

Sebagai contoh, katanya, Dapil 4 yakni Kecamatan Lampihong dan Batumandi dengan jumlah penduduk kurang lebih 39.000 jiwa harusnya dapat 8 kursi bukan 7.

“Jangan disamakan jumlah kursinya dengan Dapil 1 (Paringin dan Paringin Selatan) yang jumlah penduduknya kurang lebih 36.000 pemilih, atau Dapil 2 (Juai dan Halong) yang penduduknya kurang lebih 37.000 pemilih. Sementara Dapil 3 (Awayan dan Tebing Tinggi) dengan penduduk kurang lebih 21.000 pemilih dapat alokasi 4 kursi,” katanya.

Dia beharap, KPU Balangan mau menelaah kembali pembagian alokasi kursi di Dapil tersebut.

“Akan lebih adil dari sudut pandang jumlah penduduk, Dapil 1 dengan alokasi 6 kursi dan Dapil 4 dengan alokasi 8 kursi,” ujarnya.

Muhammad Rizkan mencontohkan untuk pemilihan anggota DPR RI di pulau Jawa yang kecil dapat alokasi kursi lebih 300 kursi, sementara pulau Kalimantan yang salah satu pulau terluas di dunia hanya dapat alokasi 40 kursi.

“Karena memang penetapan alokasi kursinya ditekankan kepada prinsip kesetaraan nilai suara, yaitu jumlah penduduk,” pungkasnya.

Sebelumnya, Muhammad Rizkan mendukung penuh rancangan 4 Dapil untuk Pileg seperti yang diwacanakan KPU Balangan.

“Saya berharap semoga partai-partai lain di Balangan, selain Nasdem dan Demokrat. Baik partai yang memperoleh kursi di parlemen atau partai baru juga mau mendukung wacana 4 dapil ini, demi kepentingan yang lebih besar, yaitu pemerataan keterwakilan dan keadilan masyarakat Balangan, karena kepentingan rakyat dan masyarakat Balangan di atas kepentingan partai,” ujarnya didampingi Sekretaris Wilayah Nasdem Provinsi Kalsel, Haji Rozanie saat ditemui di kantor DPW NasDem Kalsel, Banjarbaru, belum lama tadi.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال