Majelis Al-Qur’an Banua Adakan Khataman Qur'an Keenam di STIQ Rakha Amuntai

KHATAM QUR’AN: STIQ Rakha Amuntai menjadi tempat keenam kegiatan Khataman Al-Qur’an Bil Ghaib yang dilaksanakan Majelis Al-Qur’an Banua – Foto Dok


BORNEOTREND.COM - Majelis Al-Qur’an Banua mengadakan Khataman Akbar Al-Qur’an Bil Ghaib yang dilaksanakan di Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Rakha Amuntai.

Pada khataman Akbar yang digelar pada tanggal 20 hingga 21 November 2022 tersebut, dilaksanakan sebanyak 13 halaqah, dengan total 56 orang terdiri dari santri, mahasiswa dan ustadz, yang di antaranya 11 orang membacakan 30 juz.

Ketua Umum Majelis Al-Qur’an Banua, Harizal Urda Royadi mengatakan, khataman Al-Qur’an Bil Ghaib merupakan agenda rutin setiap tiga bulan yang dilaksanakan di beberapa pondok pesantren di HSU.

"Ini merupakan khataman yang keenam kali dilaksanakan, sedangkan khataman ini sedikit berbeda dari sebelumnya karena kali ini lumayan banyak dimana terdapat 13 halaqah, di antaranya 2 halaqah yang mereka membaca masing-masing 1 hingga 2 juz, dan 11 halaqah yang 1 orang membaca 30 juz," ujarnya, belum lama tadi. 

Dia mengatakan, dengan dilaksanakan khataman akbar yang mengumpulkan hafidz-hafidz Al-Qur’an, selain untuk memperat ukhuwah Qur'aniyah melalui kegiatan tersebut juga sebagai bentuk untuk mensyiarkan Al-Qur’an kepada masyarakat.

"Melalui kegiatan ini ukhuwah Islamiyah ataupun ukhuwah qur'aniyah di bumi Kalimantan ini menjadi lebih kuat, serta tentunya untuk semakin mensyiarkan Al-Qur’an," ucapnya. 

Ia juga mengharapkan, ke depannya bagi pondok-pondok pesantren khususnya para hafidz atau penghafal Al-Qur’an untuk bersama-sama berkontribusi untuk lebih membangkitkan motivasi untuk dalam menghafal Al-Qur’an.

"Bagi para hafidz-hafidz Qur’an mari bersama-sama bergabung dalam berkontribusi, saling berbagi ilmu, pengalaman dan wawasan, pastinya dengan perkumpulan para penghafal Al-Qur’an ini akan ada manfaat yang dapat diambil," ajak dia.

Sementara itu, Wakil Ketua II STIQ Rakha Amuntai Alfianor, menyampaikan terima kasih serta apresiasi kepada Majelis Al-Qur’an Banua yang telah mengadakan khataman Al-Qur’an di STIQ Rakha Amuntai.

"Kita berharap semarak Al-Qur’an ini terus dilaksanakan. Semoga kita ini termasuk orang yang benar-benar berjuang dan mendakwahkan Al-Qur’an. Hafalan itu diibaratkan onta yang kalau tidak dijaga akan hilang perlahan-lahan, artinyan hafalan itu bila tidak dijaga akan hilang dari ingatan kita," ujarnya.

Lebih lanjut, dia berharap, nantinya akan dapat diadakan kembali kegiatan tersebut untuk lebih memperkuat serta menjaga hafalan-hafalan Al-Qur’an.

"Mudah-mudahan ini dapat berkelanjutan dan lebih diprogramkan dimana STIQ ini juga kita wacanakan sebagai sumber pembelajaran Al-Qur’an termasuk tahfidz Al-Qur’an. Mudah-mudahan ini semua bisa kita kembangkan," harapnya.

Penulis: Fathur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال