Kelompok Tani Apresiasi DKP3 Barsel Dalam Pembuatan Sumur Bor

 

DISKUSI: DKP3 Barsel bersama sejumlah kelompok tani saat melakukan pertemuan dan diskusi - Foto Dok

BORNEOTREND.COM- Kelompok tani di beberapa Kecamatan yang ada di Barito Selatan (Barsel) menyambangi Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Barsel, Jumat (18/11/2022).

Kedatangan kelompok tani tersebut untuk memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada dinas setempat yang telah memberikan bantuan untuk kemajuan pertanian di kabupaten bertajuk ‘Dahani Dahanai Tuntung Tulus’.

Dalam pertemuan itu, Ketua Kelompok Tani Desa Pamangka Kecamatan Dusun Selatan (Dusel) Naluanto mengatakan, kedatangan pihaknya beserta rombongan selain memberikan apresiasi kepada DKP3 Barsel, juga sekaligus ingin melakukan diskusi tentang perencanaan kedepan.

“DK3P Barsel sangat luar biasa, selain sudah membantu alat pertanian alsintan, ekskavator traktor dan banyak lagi. Bahkan pada tahun ini kami menerima bantuan dari DAK yaitu sumur bor yang sangat sangat kami perlukan,” ucapnya.


Untuk tanaman holtikultura, sumur bor sangat efektif dalam perkembangan tanaman hortikultura. Karena sebelum adanya sumur bor, pihaknya memanfaatkan air sungai yang memiliki kadar asam yang tinggi. Sehingga, diperlukan pupuk dengan dosis yang lebih tinggi agar dapat tumbuh subur dengan tambahan obat.

“Sekarang dengan adanya sumur bor yang jernih dan memiliki kapasitas kadar air yang baik, tentu mengurangi biaya dalam segi pemberian pupuk dan obat sehingga bisa dimanfaatkan untuk memperbanyak jumlah tanaman,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas DKP3 Ida Safitri menjelaskan, bahwa kedatang kelompok tani ini disambut baik dan memiliki tujuan pembahasan serta diskusi yang akan dilakukan kedepannya.

“Hari ini kita telah kedatangan kelompok tani dari beberapa desa. Selain yang sudah kita lakukan, ini juga bertujuan untuk membahas apa selanjutnya yang diperlukan oleh kelompok tani ini,” bebernya.

Menurutnya, DKP3 sebagai perwakilan Pemkab Barsel harus sigap dan mendengarkan saran sebanyak banyaknya dari kelompok tani, sebab merekalah yang tahu apa yang diperlukan di lapangan.

“Sudah sewajarnya pemerintah membantu. Terlebih, kelompok tani inilah yang berhadapan langsung di lapangan. Untuk itu, saya juga mengucapkan terimakasih atas apresiasinya, semoga DKP3 kedepannya tetap bisa memenuhi harapan kelompok tani,” tukasnya. 

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال