Bawaslu Kotabaru Melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

 

DISKUSI: Kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif yang digelar oleh Bawaslu Kotabaru - Foto Dok


BORNEOTREND.COM- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kotabaru melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bersama Stakeholder, Instansi terkait dan Mahasiswa, Senin (21/11/2022) lalu yang berlangsung di Ballroom Hotel Grand Surya Kotabaru.

Kegiatan sendiri dihadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Minggu Basuki, Forkopimda, Ketua Kemenag H. Kamal, Instansi terkait, Perguruan Tinggi dan Ketua PWI 

Sedangkan narasumber dalam sosialisasi ini adalah Prof. Dr. Muhammad Hadin Muhjad, SH.M.Hum (Dosen FH Unlam Banjarmasin),Prof. Ani Cahyadi, M.Pd (Dosen FTK UIN Antasari Banjarmasin) dan Bawaslu Kotabaru.

Koordinator Sumber Daya Manusia Organisasi dan Diklat Bawaslu Kabupaten Kotabaru Rusdiansyah mengatakan, tujuan sosialisasi ini adalah untuk melakukan pencegahan pada pemilu 2024 nantinya. Dengan metode kegiatan yaitu berupa penyampaian bersama narasumber, diskusi dan tanya jawab.

"Karena dalam tahapan ini kita mengundang sebagai perpanjangan tangan Bawaslu menjadi mitra Bawaslu, jadi kedepan yang menjadi mitra Bawaslu mengawasi, melakukan pencegahan dan juga melaporkan tidak ada temuan yang dilakukan pelanggaran pemilu oleh peserta pemilu," katanya.


Pengawasan masyarakat dalam hal ini adalah bentuk sebagai partisipatif, mereka semua mempunyai kewenangan untuk mengawasi semua lahan penyelenggaraan pemilu baik dari tahapan penetapan DPT, kemudian dalam hal segala macamnya dalam pemilihan pemilu. 

"Maka masyarakat yang dilibatkan itu akan ikut andil dalam melakukan pengawasan, kemudian ketika ada temuan atau indikasi pelanggaran maka mereka bisa melaporkan ke Bawaslu," tukasnya.

Penulis: Daeng

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال