Paman Birin Sampaikan Jawaban Atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap Raperda APBD Tahun Anggaran 2023

 

BERDIRI: DPRD Kalsel saat melaksanakan Paripurna terkait tanggapan Gubernur Kalsel terhadap Fraksi dalam APBD Tahun 2023 - Foto Dok

BORNEOTREND.COM- Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Nurul Fajar Desira menghadiri Rapat Paripurna, Senin (10/10/2022) di Aula Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel.

Rapat paripurna tersebut beragendakan tanggapan terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD atas Raperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran (APBD TA) 2023.

Dalam rapat paripurna itu Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin menyampaikan optimismenya akan pembangunan di Kalsel tahun 2023.

“Kita optimis untuk mencapai keberhasilan pembangunan di tahun 2023, melalui rancangan APBD yang sedang berproses saat ini,” ujar Paman Birin dalam sambutan tertulisnya.


Dirinya juga menyebut, APBD disusun dengan memperhatikan kebutuhan prioritas daerah, mempertimbangkan tantangan dan peluang ekonomi di tahun 2023, termasuk tantangan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Ada pun anggaranya diarahkan untuk meningkatkan SDM, optimalisasi sektor industri, UMKM, pertanian dan pariwisata, memperkuat infrastruktur untuk pemenuhan pelayanan dasar dan pengembangan perekonomian daerah, investasi hilirisasi industri, serta meningkatkan tata kelola pemerintahan yang fokus pada pelayanan publik.

Selain itu dalam kesempatan ini dirinya juga optimis Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa meningkat setiap tahunnya.

“Karena selama tiga tahun terakhir ini, PAD selalu mengalami tren kenaikan yang berdampak langsung terhadap kenaikan APBD Kalsel,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kalsel H Supian HK mengatakan, agenda hari ini merupakan kelanjutan dari agenda rapat pekan lalu.

“Sesuai mekanisme, kita melaksanakan rapat tanggapan gubernur atas pemandangan fraksi terhadap raperda APBD,” terangnya. 

Dirinya melanjutkan, sebelum dilanjutkan pada tahapan pembicaraan tingkat dua mengenai Raperda tersebut, terlebih dahulu akan mendapatkan pembahasan oleh Banggar DPRD Kalsel yang akan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. 

“Kita harus membahas lagi, kan ada dua tahapan, nanti kita bahas di Banggar,” tukasnya.

Sumber: wasaka.kalselprov.go.id/dprdkalselprov.id


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال