Wah, Pengusaha Demawan Haji Marlan Berniat Maju di Pilkada Tabalong

MERAKYAT: Ketua DPC PKB Tabalong H Marlan - Foto Dok

BORNEOTREND.COM- Konstelasi politik di Kabupaten Tabalong jelang Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 mulai ramai.

Hal itu setelah sejumlah tokoh menyatakan keberminatannya untuk maju sebagai calon kepala daerah di Kabupaten Tabalong, termasuk Ketua Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Tabalong yang juga dikenal sebagai pengusaha dermawan, yakni H Marlan.

Dalam sebuah kesempatan, H Marlan secara terang-terangan ingin mencalonkan diri dalam Pilkada 2024 mendatang di Kabupaten Tabalong.

Keinginannya untuk maju tentu bukan tanpa alasan. Dirinya menyebut keinginannya berkontestasi dalam Pilkada Tabalong adalah dorangan nurani.

“Kalau disebut ada tujuan politik dan ekonomi, rasanya jabatan sebagai pimpinan parpol dan pengusaha sudah cukup. Tapi kalau ingin berbuat dan memberikan yang terbaik untuk Tabalong, maka maju dalam Pilkada adalah pilihan yang harus dilakukan. Karena kebijakan pembangunan berada di tangan seorang kepala daerah,” tegasnya.


Dirinya mengakui pilihannya untuk terjun dalam pemilihan kepala daerah Tabalong pada 2024 mendatang tak semudah dan semulus yang dibayangkan. Karena itu, sejak jauh hari ia menyatakan secara terbuka agar masyarakat Tabalong mengetahui siapa bakal calon kepala daerah yang bisa menjadi alternatif pilihan.

“Atas keputusan ini saya sudah berkonsultasi dengan keluarga, sahabat dan tentunya dengan semua pendukung saya. Maju adalah pilihan yang mungkin harus saya lakukan. Karena kesempatan untuk memberikan yang terbaik melalui kebijakan pembangunan ada pada seorang kepala daerah,” ungkapnya.

Dirinya menilai pembangunan yang pesat di Tabalong saat ini adalah prestasi dan kinerja yang sangat baik dari bupati saat ini maupun yang menjabat sebelumnya. Karena itu, ia berniat untuk meneruskan dan meningkatkan pembangunan di Tabalong agar bisa lebih merata dan dirasakan semua warga hingga ke pelosok Tabalong.

“Semoga niat saya untuk memberikan yang terbaik bagi warga Tabalong ini bisa mendapat restu dari warga Tabalong, dan tentu saja harapan saya bisa memberi manfaat dan kebaikan serta rahmat dari Allah,” harapnya.

Sementara itu, pengamat politik yang juga dosen di STIA Tabalong, M Noor, menilai dinamika politik jelang Pilkada 2024  di Tabalong sudah mulai menggeliat. 

Dirinya pun bahkan memprediksi sosok H Marlan bisa menjadi kuda hitam yang sebelumnya tak termasuk dalam kandidat yang diperhitungkan.

“Berkaca pada Pilkada Tabalong sebelumnya, sosok H Marlan ini tak termasuk dalam calon yang bertarung. Saya rasa hadirnya Ketua PKB Tabalong itu bisa menjadi kuda hitam yang memberi warna berbeda dalam Pilkada 2024 nanti,” beber kandidat Doktor Ilmu Sosial Unair ini.

Mengapa diebut kuda hitam, dirinya menyebut dari latar belakang H Marlan yang merupakan pimpinan parpol dan juga seorang pengusaha. Terlebih selama ini H Marlan juga dikenal sebagai tokoh masyarakat yang cukup mengakar dan dermawan. 

“Menurut saya itu modal sosial yang cukup kuat. Dikenal sebagai pimpinan parpol, tokoh masyarakat dan juga pengusaha, itu adalah modal utama bagi seorang calon kepala daerah untuk maju dalam Pilkada,” tuturnya.

Dalam analisanya dirinya juga memprediksi pasar bebas dalam bursa calon kepala daerah pada 2024 mendatang masih diwarnai oleh calon yang sebelumnya pernah berlaga pada Pilkada 2018 lalu. Karena kesempatan untuk mendapatkan tiket pemenang lebih besar selepas berakhirnya dua periode bupati saat ini.

“Tabalong ini unik. Masyarakatnya cukup kritis dan rasional. Menurut saya kekuatan modal finansial saja tidak menjadi jaminan untuk menang. Popularitas dan elektabilitas sebagai modal sosial seorang calon juga sangat berperan penting. Semua calon sepertinya memiliki modal finansial dan modal sosial. Tinggal masyarakat yang akan menilai mana yang terbaik untuk menjadi pemimpin di Tabalong,” tutupnya.

Penulis/Sumber: Arief Rahman/Rilis

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال