RSD Idaman Menuju Predikat Paripurna Bintang 5, Ini Loh Harapan Walikota Banjarbaru di Forum Konsultasi Publik

 

FOTO BERSAMA: RSD Idaman Banjarbaru saat menggelar Forum Konsultasi Publik bersama stakeholder terkait - Foto Dok

BORNEOTREND.COM- Demi meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan publik, Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru menggelar Forum Konsultasi Publik dengan turut melibatkan stakeholder terkait baik dari lingkup Pemerintah maupun masyarakat.

Berlangsung, Jumat (2/8/2022) lalu di Aula Besar RSD Idaman Kota Banjarbaru. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan menjadi paripurna bagi masyarakat guna mendapatkan pelayanan terbaik di RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Direktur RSD Idaman Kota Banjarbaru Dokter Danny Indrawardhana, MMRS, mengatakan, kegiatan ini juga merupakan langkah RSD Idaman Kota Banjarbaru untuk persiapan penilaian akreditasi pada akhir tahun ini. Dimana dalam penilaian akreditasi ini, katanya, ada standar yang harus dipenuhi. 

"Di standar akreditasi itu ada TKRS 3 (tata kelola rumah sakit) dan hari ini kami melakukan pemenuhannya. Khususnya terhadap pelayanan yang kami lakukan kepada seluruh stakeholder termasuk tokoh masyarakat," ujarnya.


Diakuinya bahwa pada November 2022 mendatang, RSD Idaman Banjarbaru akan melaksanakan penilaian akreditasi. Dalam hal ini ialah predikat rumah sakit terakreditasi secara paripuna atau mendapatkan bintang 5.

"Karena ada standar akreditasi yang baru, rencananya bulan November 2022 akan dilakukan penilaian. Sebelumnya kita mendapat bintang 4 akreditasi utama dan saat ini kami akan lanjut agar bisa terakreditasi secara paripurna," tambahnya.

Harapannya apabila RSD Idaman terakreditasi paripurna atau mendapat bintang 5 maka akan berdampak pada pemenuhan pelayanan kepada masyarakat yang dapat terakomodir. Oleh karena dirinya membutuhkan seluruh pihak untuk mewujudkan capaian tersebut. 

"Tentunya dalam hal ini masyarakat yang akan diuntungkan. Standarnya ada 16 dan itu semua harus dilakukan termasuk rutin rapat kordinasi untuk mengeksekusi pemenuhan pelayanan baik yang berfokus pasien maupun fasilitas penunjang lainnya," timpalnya lagi.


BERDIRI: Walikota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin saat hadir dalam kegiatan Forum Konsultasi Publik yang digelar oleh RSD Idaman Banjarbaru - Foto Dok


Sementara itu, Walikota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin menerangkan, di Forum Konsultasi Publik ini bisa dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan di RSD Idaman Banjarbaru.

"Dengan adanya masukan, kritikan dan informasi dari publik ini bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," bebernya.

Dirinya juga berharap dengan adanya Forum Konsultasi Publik ini bisa menjadi paripurnanya masyarakat, yang mana menurutnya RSD Idama merupakan pelayanan kesehatan dasar.

"Mudah-mudahan pelayanan ini bisa paripurna untuk masyarakat, sebab rumah sakit dalam hal memberikan pelayanan di bidang kesehatan, ini merupakan pelayanan dasar," pungkasnya.

Sumber: RSD Idaman Banjarbaru

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال