Perwakilan Desa se-Kecamatan Pelaihari Diedukasi Tentang Stop BAB Sembarangan

HADIRI ACARA: Perwakilan Desa se-Kecamatan Pelaihari menghadiri acara Koordinasi dan Advokasi Kabupaten Kota Sehat Tingkat Kecamatan yang membahas Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan – Foto Dok


BORNEOTREND.COM – Untuk menuntaskan permasalah Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan, Pemerintah Kabupaten Tanah Laut melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tala mengedukasi perwakilan Desa se-Kecamatan Pelaihari terkait pentingnya Perilaku Hidup Bersih Sehat atau PHBS dalam kegiatan Koordinasi dan Advokasi Kabupaten Kota Sehat Tingkat Kecamatan di Aula Kantor Kecamatan Pelaihari, Rabu (07/9/2022).

"Dalam forum kabupaten kota sehat ini kita komitmen untuk menuntaskan ODF atau buang air besar sembarangan, yang tentunya dapat menimbulkan penyakit," kata Ketua Forum Kabupatan Kota Sehat, Khaidir di hadapan para perwakilan Desa se-Kecamatan Pelaihari yang nampak antusias mendengarkan pemaparan narasumber. 

Khaidir juga berharap, para peserta advokasi dari perwakilan desa se-Kecamatan Pelaihari yang mendapatkan edukasi mengenai Perilaku Hidup Bersih Sehat atau PHBS untuk dapat menyampaikan kembali penjelasan dari narasumber di desanya masing-masing serta menularkan pemahaman positif akan pentingnya kesehatan untuk meningkatkan kehidupan di masyarakat.

Sementara itu, Kepala Desa Bumi Jaya, Kecamatan Pelaihari, Mulyono menyambut baik digelarnya koordinasi dan advokasi kabupaten kota sehat. 

Menurut Mulyono, saat ini sudah banyak masyarakat di desanya yang menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, seperti tidak lagi ditemukan adanya BAB sembarangan.

"Alhamdulillah, saat ini desa kami sudah mulai menerapkan hidup sehat, dan mulai menuntaskan perilaku ODF," paparnya.

Di tempat yang sama, Camat Pelaihari, Rika Amalia mengimbau kepada seluruh peserta koordinasi kabupaten kota sehat agar menyampaikan kepada masyarakat lainnya akan pentingnya perilaku sehat agar menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat sehingga dapat terhindar dari penyakit.

"Saya berharap forum pertemuan ini dapat meningkatkan koordinasi dan sinergitas, agar menciptakan lingkungan yang sehat," tandasnya.

Penulis: Zainal

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال