Harjad Kecamatan Marabahan Tampilkan Beragam Suguhan Menarik

 

Bupati Batola Hj Noormiliyani didampingi Camat Marabahan Eko Purnama Sakti, menuju tempat perayaan HUT Kecamatan Marabahan.
(Foto: Prokopimda Batola)


BORNEOTREND.COM - Puncak Peringatan Hari Jadi (Harjad) Kecamatan Marabahan ke-27 tahun 2022 diselengarakan di Taman Agrowisata Talaran Setara, Sabtu (03/09/2022).

Beragam kegiatan menghiasi perayaan. Sebelumnya pada 23 Agustus 2022 digelar Marabahan Got Talent yang melibatkan 60 anak dengan menampilkan beragam keterampilan seperti syair, pantomim, puisi, menyanyi kelompok dan solo, menari/tari kreasi, madihin, bulutangkis, karate, fashion show, kuda lumping, dan lain-lain. 

Kecamatan ini juga menggelar lomba cerdas cermat antar desa, lomba penyuluhan Ketua TP-PKK Desa dan Kelurahan, serta beragam kegiatan lainnya.

Camat Marabahan, Eko Purnama Sakti, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Hj Noormiliyani AS atas dukungan berbagai kelengkapan fasilitas di Agrowisata Talaran Setara termasuk jalan poros dari Talaran ke Tabukan yang kini semakin mulus. Bahkan jalan menuju wilayah Kuripan kini bisa dilewati melalui jalan darat.

"Selama kepemimpinan Bupati Hj Noormiliyani AS dan Wakil Bupati H Rahmadian Noor kemajuan di Marabahan sangat dirasakan. Indikatornya dapat dilihat dari penilaian Indeks Desa Membangun yang dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan," ucap Eko. 

Pada tahun 2019 sampai 2020 di Kecamatan Marabahan, jelas Eko, terdapat 2 desa dengan kategori maju dan 6 desa berkembang. 

Pada tahun 2022 ini, lanjutnya, di Kecamatan Marabahan terdapat satu desa mandiri yakni Desa Bagus, 3 desa maju yakni Desa Antar Jaya dan Desa Karya Maju. 

Sedangkan desa berkembang terdapat 4 yakni Desa Penghulu, Desa Antar Raya, Desa Antar Baru, dan Desa Sidomakmur.

“Perkembangan ini tidak terlepas dari dukungan pemerintah desa dan interpensi pemerintah kabupaten,” ucap Eko.

Bupati Noormiliyani mengucapkan selamat atas ulang tahun ke-27 Kecamatan Marabahan.

Ia berharap seiring meningkatnya usia meningkat pula pembangunan termasuk derajat kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat yang ada di Kecamatan Marabahan.

Terkait tema yang diangkat pada Harjad ke-27 "Marabahan Ampun Kita Barataan" bupati yang pernah menjabat Ketua DPRD Provinsi Kalsel berharap masyarakat dapat merasa memiliki dengan berbagai kelebihan, keunggulan, dan daya tariknya. 

“Intinya mari kita jadikan momentum harjad ini sebagai intropeksi dan melakukan pembenahan bersama-sama,” ajak anak Gubernur ke-3 Kalsel, H Aberani Sulaiman ini.

Perayaan Harjad Kecamatan Marabahan di Agrowisata Talaran Setara ini juga dihadiri Ketua DPRD Batola Saleh, Camat Tabukan Abdi, dan para mantan Camat Marabahan, para kades, maupun lurah. 

Para undangan juga mendapat beragam suguhan tarian dari siswa-siswi SD seperti tarian Cublek-cublek Suweng, Tari Giha Mayau, dan Tari Jaran Kepang. 

Acara juga ditandai pemotongan tumpeng oleh bupati Noormiliyani yang diserahkan Camat Eko Purnama Sakti didampingi isteri.

Sumber: Prokopimda Batola


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال