Disdikbud Tala Harus Menjamin Hak Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini

BUKA BIMTEK: Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik HM Mursyi membuka Bimtek peningkatan kapasitas penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif (HI) Program Pengembangan Anak Usia Dini HI di Gedung Sarantang Saruntung - Foto Dok


BORNEOTREND.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tanah Laut sebagai lembaga pemerintah harus menjamin terpenuhinya hak tumbuh kembang anak mulai usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan serta perlindungan kesejahteraan anak melalui penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif (HI).

Pesan tersebut disampaikan Bupati Tanah Laut HM Sukamta diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik HM Mursyi saat membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif (HI) Program Pengembangan Anak Usia Dini HI di Gedung Sarantang Saruntung, Selasa (27/09/22).

"Penyelenggaran PAUD harus digabung secara stimulate, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal. Lembaga PAUD harus meningkatkan sinergitas dengan berbagai pihak sehingga anak usia dini mendapatkan haknya sesuai program layanan PAUD untuk mewujudkan generasi penerus dan sumber daya manusia yang berkualitas," kata Mursyi.

Dia menyampaikan melalui Bimtek peningkatan kapasitas penyelenggaraan PAUD HI dapat menambah wawasan peserta dan semakin memperkuat lembaga PAUD dalam layanan pengembangan anak usia dini.

"Melalui PAUD kita bentuk karakter anak sejak usia dini, kepada para pendidik diharapkan sering berdiskusi dan melakukan evaluasi, sehingga menemukan solusi agar pendidikan anak terus berada dijalur yang benar, serta melibatkan peran orang tua," ujarnya.

Kepala Disdikbud Tala, Drs H Zainal Abidin menyampaikan agar peserta dapat mengikuti Bimtek dengan sebaik-baiknya agar dalam penerapannya dapat terlaksana sesuai apa yang disampaikan oleh fasilitator.

"Ke depannya akan diadakan evaluasi di lapangan, dan karena tidak semua perwakilan lembaga PAUD dapat mengikuti Bimtek ini. Kami berharap para peserta dapat menyampaikan kepada  lembaga PAUD yang lain yang tidak bisa menghadiri Bimtek ini, mengingat hal ini sangat penting dalam rangka menjaga tumbuh kembang anak pada PAUD dalam meningkatkan SDM khususnya dibidang pendidikan," kata Zainal.

Diketahui, kegiatan bimtek berlangsung selama tiga hari m dari tanggal 27 sampa 29 September 2022 dengan sasaran 110 Guru Kepala PAUD dan perwakilan lembaga PAUD serta bimtek diberikan langsung oleh tim fasilitator dari Disdikbud Tala.

Turut hadir dalam kegiatan Kepala Disdikbud Tala,Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Disdikbud Tala, Fasilitator HI dan Perwakilan SKPD Terkait.

Penulis: Zainal/Diskominfo

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال