Pemkab Tanah Laut Siapkan Dana Rp 13,9 Miliar Untuk Antisipasi Inflasi Akibat Kenaikan Harga BBM

SERAHKAN BANTUAN: Bupati Tanah Laut HM Sukamta menyerahkan secara simbolis bantuan kepada korban kebakaran dan penyandang disabilitas di Kelurahan Pelaihari - Foto Dok


BORNEOTREND.COM - Pemerintah Kabupaten Tanah Laut akan melakukan beberapa aksi untuk menahan laju inflasi akibat dari kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Salah satu upaya tersebut adalah dengan mengucurkan dana miliaran rupiah.

"Kita sudah siapkan dana sekitar 13,9 miliar rupiah, nanti akan ada empat kriteria yang kita bantu untuk dampak inflasi kenaikan harga bahan bakar minyak," kata Bupati usai menyerahkan bantuan sosial berupa uang tunai dan beras kepada korban bencana kebakaran dan penyandang disabilitas di Kabupaten Tala di Halaman Kantor Kelurahan Pelaihari, Kecamatan Pelaihari, Selasa (27/09/2022).

Bupati Sukamta mengatakan penyaluran bantuan akan dilakukan oleh Dinas Sosial, Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan serta Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan.

Pada kesempatan itu, Bupati mengimbau kepada para petani di Kabupaten Tala untuk tetap memproduksi bahan pertanian khususnya kebutuhan pangan pokok, hal ini diharapkan bisa menahan laju inflasi.

“Kita berharap masyarakat tetap tenang menanggapi hal ini. Saya juga berpesan kepada para petani-petani tetaplah produksi bahan kebutuhan pangan kita sehingga dengan itu inflasi dapat kita tangani semaksimal mungkin,” pesan dia.

Terkait pemberian bantuan sosial, Bupati mengharapkan uang tunai dan beras yang diberikan bisa meringankan beban masyarakat apalagi di tengah kenaikan harga bahan bakar minyak.

“Kita serahkan bantuan kepada para korban bencana kebakaran dan para penyandang disabilitas, ini sebagai salah satu upaya mengantisipasi dampak kenaikan bahan bakar minyak beberapa waktu lalu yang memungkinkan adanya inflasi,” kata Bupati

Salah seorang penerima bantuan sosial yakni Khairul Insan Alkarimin warga Kelurahan Pelaihari mengaku bersyukur telah menerima bantuan berupa uang tunai melalui rekening bank.

“Kita sebagai penyandang disabilitas merasa diperhatikan, kita ucapkan terima kasih kepada pemerintah atas bantuan yang diberikan,” kata Khairul.

Selain menyerahkan bantuan di Kelurahan Pelaihari, rencananya Bupati juga akan menyerahkan secara simbolis bantuan sosial kepada 121 keluarga penerima manfaat yang tersebar di beberapa kecamatan di Tala.

Penulis: Zainal/Diskominfo Tala

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال