285 Rumah Dapat Program Bedah Rumah Sepanjang Tahun 2022

 

Bupati Tanah Laut HM Sukamta menyerahkan bantuan bedah rumah kepada masyarakat kurang mampu.
(Foto: Prokopim Tala)

BORNEOTREND.COM - Sepanjang tahun 2022 ada 285 rumah masyarakat kurang mampu maupun terkena musibah bencana alam mendapatkan program bedah rumah oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) dengan besaran nominal satu rumah sebanyak Rp 35 juta. Hal tersebut disampaikan Bupati Tala HM Sukamta, saat membuka kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) Desa Tambang Ulang Kecamatan Tambang Ulang. Bertempat di Pendopo TK Negeri Pembina Kecamatan Tambang Ulang, Jumat (23/9/2022).

“285 rumah ini tidak direhab, melainkan dibangun ulang agar masyarakat dapat beristirahat dengan nyaman dan aman,” ucap Sukamta.

Sukamta melanjutkan, Pemkab Tala menyiapkan anggaran sekitar Rp 10 miliar untuk melaksanakan program bedah rumah. Dengan dilaksanakannya program ini pemerintah menginginkan agar tidak ada lagi masyarakat di Bumi Tuntung Pandang hidup dengan keadaan rumah yang membahayakan bagi penghuninya, penyerahan bantuan untuk membangun rumah juga dilakukan dengan sistem transfer ke rekening pemilik rumah untuk menghindari potongan-potongan dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Ini merupakan bentuk perhatian dari Pemkab Tala agar masyarakat kurang mampu dapat hidup nyaman di rumahnya,” terang Sukamta.

Tidak hanya itu, Sukamta juga menyerahkan secara simbolis bantuan kepada masyarakat berkebutuhan khusus (disabilitas) dengan nominal perorang sebesar Rp 2,4 juta dan beras seberat 15kg. Bantuan tersebut diserahkan kepada 600 orang berkebutuhan khusus dengan alokasi dana sekitar Rp 1,5 miliar. Terkait dengan kenaikan BBM oleh pemerintah pusat, Pemkab Tala juga menyediakan dana sekitar Rp 14 miliar untuk mengantisipasi terjadinya inflasi di Bumi Tuntung Pandang. Untuk pendataan masyarakat yang berhak menerima bantuan kenaikan bbm nanti akan diatur polanya oleh Dinas Sosial agar bantuan tersebut tepat sasaran.

“Semua dana ini disiapkan untuk menyejahterakan dan menghindarkan terjadinya inflasi di Bumi Tuntung Pandang sesuai dengan arahan pemerintah pusat, nanti siapa saja yang berhak menerima bantuan akan didata oleh Dinas Sosial agar tepat sasaran,” tuturnya.

Pada kegiatan MTP ini juga dilakukan penyerahan surat keputusan penetapan desa Kampung Keluarga Berkualitas Desa Sungai Jelai Kecamatan Tambang Ulang dan Desa Padang Kecamatan Bati-Bati, Penyerahan bantuan CSR dari Bank Kalsel Cabang Pelaihari untuk pembelian tanah dan pembangunan Masjid Al Falah Desa Gunung Raja dan Masjid Nurul Hikmah Desa Sungai Jelai Kecamatan Tambang Ulang, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis rekening pelajar dari Bank Kalsel Cabang Pelaihari sebanyak tiga orang, penyerahan bibit pohon oleh Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Tala sebanyak 120 batang yang terdiri dari Petai 30 batang, Tabebuya 30 batang, Spathodea 25 batang, Tanjung 15 batang serta Alpukat 20 batang, penyerahan bantuan stimulan penyediaan rumah swadaya prasejahtera individu sebanyak 15 orang dari desa tambang ulang dan desa sungai pinang sebanyak 15 orang , yang secara simbolis diterima oleh 14 orang warga Desa Tambang Ulang dari dana alokasi khusus (DAK) tahun anggaran 2022 dari Dinas DPRKPLH Kabupaten Tala, penyerahan bantuan sosial untuk penyandang disabilitas diwilayah Kabupaten Tala sebanyak 11 orang masing masing menerima uang bantuan sebesar Rp 2,4 juta dan juga 1 paket beras seberat 15kg.

Sumber: Prokopim Tala


Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال