40 Peserta Didik PKBM Kintap Cerdas Binaan PT Arutmin Kintap Diwisuda

FOTO BERSAMA: Manajemen PT Arutmin Indonesia Cabang Kintap, para pengajar serta peserta didik yang lulus dalam Program Kegiatan Belajar Masyarakt (PKBM) Kintap Cerdas  berfoto bersama dalam acara wisuda di GOR Desa Sungai Cuka - Foto Dok


BORNEOTREND.COM -  40 peserta didik Program Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kintap Cerdas binaan PT Arutmin Indonesia Cabang Kintap, Kabupaten Tanah Laut mengikuti proses wisuda di Gedung Olahraga (GOR) Desa Sungai Cuka, Kecamatan Kintap, Kamis (18/8/2022) pagi.

Mereka lulus setelah menjalani pendidikan di PKBM Kintap Cerdas yang merupakan hasil kerjasama PT Arutmin Kintap dengan Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) Pelaihari.

Program ini merupakan salah satu implementasi dari delapan Program Unggulan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Tambang Kintap dalam bidang pendidikan.

Program Pendidikan Kesetaraan ini bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat putus sekolah yang ingin melanjutkan pendidikannya dan berasal dari kalangan umum yaitu warga desa yang tinggal di area lingkar tambang.

Sebanyak 40 peserta didik yang terdiri dari 1 orang Paket A, 2 orang Paket B dan 37 orang Paket C mengikuti prosesi wisuda tersebut.

Salah satu peserta didik asal Desa Kebun Raya Kecamatan Kintap, Nyami mengaku senang sudah menyelesaikan pendidikan non formal selama tiga tahun terakhir.

"Alhamdulillah, kami merasa haru sekaligus senang, sudah selesai mengikuti program paket C dari PT Arutmin Kintap," ungkapnya. 

Ibu rumah tangga ini mengaku sangat terbantu dengan adanya program PKBM Kintap tersebut serta sudah dapat belajar dan memperoleh ijazah Paket C yang setara SMA.

Sementara itu, Staf CSR PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap, Yudo Prakoso menjelaskan, PKBM Kintap Cerdas sudah tiga kali meluluskan peserta didik dalam tiga tahun berturut-turut, yang meliputi Paket A, Paket B dan Paket C.

"Dari 40 orang peserta didik yang mengikuti wisuda hari ini, tersebar di semua desa di Kecamatan Kintap, namun Desa Kebun Raya merupakan yang terbanyak sebanyak 13 orang" tandasnya.

Yudo menambahkan kegiatan belajar mengajar program kesetaraan paket A, B dan C tersebut dilaksanakan selama dua hari dalam satu minggu, bertempat di pusat pelatihan simantap.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut, Zainal Abidin mengaku senang dengan digelarnya program belajar Paket A, B dan C oleh PT Arutmin Kintap, yang saat ini telah diwisuda.

"Kami merasa senang sekali, melihat antusias masyarakat yang sudah menyelesaikan pendidikan non formal hari ini," ucapnya

Zainal mengapresiasi dan mendukung kegiatan PKBM Kintap Cerdas binaan PT Arutmin Indonesia Site Kintap, yang terus meluluskan peserta didik.

Dia juga berharap PKBM tersebut dapat mencerdaskan masyarakat sehingga ke depan indeks pembangunan masyarakat dapat meningkat.

Penulis: Zainal

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال