Wah, Ketersediaan Hewan Kurban di Palangka Raya Diklaim Mencukupi

 

MAKAN: Ketersediaan hewan kurban di Palangka Raya dipastikan cukup untuk momen Hari Raya Idul Adha kali ini - Foto Dok


BORNEOTREND.COM- Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya Sumardi, memastikan ketersediaan hewan ternak sapi dan kambing di daerah setempat, cukup untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban 2022.

“Tercatat ada 1.350 sapi dan kerbau serta 400-500 kambing yang dikhususkan untuk hari raya kurban di bulan Juli mendatang,” ungkapnya, Rabu (29/6/2022).


Bahkan ketersediaan sapi dan kambing kurban itu tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan di Palangka Raya saja, tapi sebagian juga untuk memenuhi kurban di daerah tetangga seperti Gunung Mas dan Katingan serta untuk memenuhi permintaan kurban beberapa perusahaan. Khusus untuk wilayah Kota Palangka Raya berkisar 700 sapi dan 225 kambing.

Sementara itu, dalam rangka memastikan kesehatan hewan kurban, pihak DKPP akan melakukan pemeriksaan kondisi sapi dan kambing tersebut

“Jika dipastikan sehat dan layak dijadikan kurban, maka sapi dan kambing akan kami berikan tanda atau pening. Untuk itu masyarakat juga harus aktif menanyakan kesehatan dan kelayakan sapi dan kambing untuk kurban,” ujarnya.

Adapun dalam rangka mengantisipasi penyebaran PMK pihak DKPP Palangka Raya, pihaknya mengaku mulai menyuntik vaksin sebanyak 500 dosis kepada sapi yang sehat milik petani.

“Pada prinsipnya, vaksinasi PMK ini seperti vaksin Covid-19, yakni disuntikkan pada yang sehat. Jeda waktu penyuntikan pada setiap sapi yakni empat bulan dari dosis satu ke dosis dua. Kemudian enam bulan dari dosis kedua ke dosis ketiga,” terangnya.

Selebihnya ia mengingatkan, bagi warga yang melakukan pemotongan hewan kurban secara mandiri selain di rumah potong hewan (RPH) milik Pemko Palangka Raya, maka diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan karena pandemi Covid-19 masih belum berakhir.

Sumber: Media Centre Palangka Raya

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال