Mantap, Kabupaten Tanbu Ukir Prestasi Dalam Lomba Menu Serba Ikan Tingkat Provinsi Kalsel

 

LOMBA MASAK: Chef Agus Sasirangan menjadi juri dalam Lomba Menu Serba Ikan tingkat Provinsi Kalsel – Foto Dok

BORNEOTREND.COM – Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) berhasil menjadi Juara 1 untuk Kategori Menu Balita dan Juara 3 untuk Menu Keluarga pada Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Kalsel yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel, Kamis (25/11/2021) di Aula BPSDM Ambulung Kota Banjarbaru.

Lomba ini digelar untuk merayakan Hari Ikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 November. Lomba Masak Serba Ikan tersebut terbagi menjadi 3 Kategori yakni Menu Keluarga, Menu Balita serta Menu Kudapan.

Dalam acara tersebut Ketua Dewan Juri Chef Agus Sasirangan memberikan catatan dalam penilaian Lomba yaitu menu yang ditampilkan harus inovatif, mudah dibuat sehingga bisa diterapkan oleh masyarakat. Jadi tidak perlu dari bahan yang mahal. 

“Perlombaan ini tidak hanya sekedar kompetisi namun juga harus disosialisasikan ke masyarakat,” katanya. 


Dikarenakan tahun 2021 tidak ada Lomba Masak serba Ikan Tingkat Nasional, maka Juara 1 tahun 2021 akan ditanding dengan Juara 1 tahun 2022. Pemenang tersebutlah yang akan mewakili Provinsi Kalsel di Tingkat Nasional Tahun 2022.

Chef Agus Sasirangan sangat mengapresiasi inovasi dari perwakilan Kabupaten Tanbu seperti kulit semangka menjadi bahan olahan bubur balita, kulit pisang menjadi selai kudapan serta daun labu menjadi keripik.

“Menu unggulan yang menjadikan Kabupaten Tanbu juara adalah ‘Sup Kulit semangka Jamur Tiram Ikan Kerapu’ dari Tim Penggerak PKK Kecamatan Batulicin dan ‘Bandeng Labu Kuning’ dari Tim Penggerak PKK Kecamatan Satui,” ujarnya.

Ini adalah prestasi pertama Dinas Perikanan Kabupaten Tanbu dalam Lomba Masak Serba Ikan dapat menjadi 3 besar dalam 2 Kategori dari 3 kategori yang dilombakan. Semoga tahun depan dapat mewakili Provinsi Kalsel di tingkat Nasional.

Ada pun Rincian Pemenang Sebagai Berikut:

*Kategori Menu Keluarga 

Juara 1 : Kabupaten Tabalong

Juara 2 : Kabupaten Tapin

Juara 3 : Kabupaten Tanbu

Harapan : Kabupaten HST

*Kategori Menu Balita

Juara 1 : Kabupaten Tanbu

Juara 2 : Kota Banjarbaru

Juara 3 : Kabupaten Batola

Harapan : Kota Banjarmasin

*Kategori Menu Kudapan

Juara 1 : Kabupaten Tapin

Juara 2 : Kabupaten Batola

Juara 3 : Kabupaten HST

Harapan : Kota Banjarbaru

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال