BPBD Tanbu Gelar Desiminasi Kebencanaan, Sosialisasi dan Launching Renjana

LAUNCHING RENJANA: BPBD Tanah Bumbu mensosialisasikan serta melaunching Relawan Remaja Aman Bencana (Renjana) di SMPN 3 Batulicin – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar kegiatan desiminasi kebencanaan sekaligus sosialisasi dan launching Relawan Remaja Aman Bencana (Renjana) di SMPN 3 Batulicin.

Untuk peserta adalah para pelajar kelas VIII (delapan), unit Pramuka dan PMR sekolah.

Kepala sekolah melalui guru Koordinator Kesiswaan, Andi Kurniawan menyambut baik kunjungan dari BPBD untuk melakukan desiminasi kebencanaan.

“Sangat berterima kasih atas kesediaannya memberikan pembelajaran terkait kebencanaan, semoga para anak didik dapat menyimak dengan baik ilmu yang diberikan,” ucapnya.

Kepala Bidang Pencegahan & Kesiapsiagaan BPBD, Christina Dewi Untari yang hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal dalam hal pencegahan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

“Para peserta didik bisa mendapat pemahaman tentang langkah-langkah dan apa saja yang di siapkan sebelum dan saat terjadi bencana,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini juga, BPBD Tanah Bumbu mensosialisasikan serta melaunching Relawan Remaja Aman Bencana (Renjana).

Untuk diketahui, inovasi ini dibuat sebagai aksi perubahan M Ahsani Fauzan selaku Kepala Sub Bidang Pencegahan BPBD pada Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan V Tahun 2024 di BPSDMD Kalimantan Selatan.

“Renjana untuk pembinaan penguatan kapasitas remaja dalam hal penanggulangan bencana yang berdaya guna serta kepekaan terhadap lingkungan dan sesame,” ucap Fauzan.

Dengan Renjana tersebut, katanya diharapkan generasi masa depan khususnya para remaja bisa lebih berkontribusi dalam hal penanggulangan bencana di wilayah yang terindikasi rawan bencana.

“Para remaja dapat memberikan sumbangsih positif dalam keberlangsungan kehidupan yang harmonis dan selaras dengan bencana”, pungkasnya.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال