Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kabupaten Kotabaru Buka Bimbingan Manasik Haji 1445 H

RAMAI: Kegiatan Bimbingan Manasik Haji bagi Jama'ah Calon Haji Kabupaten Kotabaru Tahun 2024 - Foto Dok Kominfo Kotabaru


BORNEOTREND.COM, KALSEL- Untuk memberikan bekal pengetahuan dalam pelaksanaan Ibadah Haji ke tanah suci Makkah dan Madinah, Kementerian Agama menggelar Pembukaan Bimbingan Manasik Haji bagi Jama'ah Calon Haji Kabupaten Kotabaru Tahun 2024, Selasa (16/4/2024) yang dilaksanakan di Masjid Agung Husnul Khatimah. 

Bupati Kotabaru dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Zainal Arifin, S.STP, M.Si mengucapkan selamat kepada jamaah calon haji yang mengikuti kegiatan manasik dan akan berangkat menuju ke Tanah Suci. Kegiatan Manasik Haji ini sangat penting bagi jamaah calon haji karena akan menambah wawasan pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan ajaran Islam dalam menjalankan rukun haji.

"Untuk itu, kepada para jamaah calon haji yang akan berangkat agar dapat mengikuti kegiatan manasik haji dengan sungguh-sungguh agar dapat menyerap ilmu yang disampaikan dengan baik" himbaunya


Ia juga berpesan, kepada Seluruh jamaah calon haji bisa menyiapkan diri dengan baik, menjaga kesehatan, meningkatkan kesabaran dan menata niat secara tulus karena ibadah haji itu tidak hanya fisik namun juga mental spiritual.

Sementara itu, Panitia Pelaksana Bimbingan Manasik Bagi Jamaah Calon Haji juga sebagai Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru H. Herman  Prasetio, S. Ag, M.M menyampaikan tujuan diadakannya pembinaan Manasik Ibadah Haji ini agar Jamaah haji memahami kebijakan pemerintah Indonesia tentang kebijakan penyelenggaraan haji dan umrah. 

"Selain memahami kebijakan pemerintah baik di Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi tentang penyelenggaraan ibadah haji, jemaah juga diberikan pemahaman tentang pelayanan kesehatan haji dan tata cara pelaksanaan ibadah haji agar lebih mandiri dan siap dalam menjalankan rangkaian ibadah haji baik saat di tanah air maupun saat di Arab Saudi" bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru Dr. H. Ahmad Kamal, SHI, S.Ag meminta kepada jamaah calon haji bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pelaksanaan bimbingan manasik ini. 

"Diharapkan setelah kegiatan ini, jamaah calon Haji yang menjadi peserta Manasik Haji ini agar bisa memahami, mengerti dan mengamalkan pada saat pelaksanaan ibadah haji nantinya" tuturnya.

Perlu diketahui, pelaksanaan kegiatan bimbingan manasik ini berlangsung selama 2 (dua) kali pertemuan yaitu tanggal 16 April 2024 dan 25 April 2024. 

Adapun kegiatan bimbingan manasik untuk tingkat kecamatan dilaksanakan selama 8 hari mulai tanggal 17 - 24 April 2024, bertempat di Islam Centre, Aula Kodim 1004 Kotabaru dan Aula STIT Darul Ulun Kotabaru serta Masjid Agung Husnul Khatimah untuk pelaksanaan kegiatan Praktek manasik hajinya.

Untuk jumlah jamaah calon haji Kabupaten Kotabaru tahun 2024 berjumlah 225 orang, dengan rincian Jamaah Laki-laki sebanyak 95 orang, perempuan 130 orang. Jamaah termuda berusia 21 tahun atas nama Fadel Prima Nugraha asal Jamaah Haji Kecamatan Pulau Laut Utara. Jamaah tertua usia 82 tahun atas nama Habibah Anang Zakaria asal Jamaah Haji Kecamatan Kelumpang Tengah.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Perwakilan Perbankan, Tim Pembimbing Manasik, jamaah calon haji selaku peserta bimbingan manasik haji juga undangan terkait lainnya.

Sumber: Kominfo Kotabaru 

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال