Pj Bupati Barsel Temukan Harga Kebutuhan Pokok Melonjak Naik saat Sidak Pasar Tradisional

PANTAU HARGA: Pj Bupati Barsel H Deddy Winarwan turun langsung ke sejumlah pasar tradisional yang ada di Kota Buntok untuk memantau harga kebutuhan pokok – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALTENG – Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel), H Deddy Winarwan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional di Kota Buntok, Kamis (21/3/2024) pagi. 

Pj Bupati menjelaskan, sidak dilakukan untuk memantau langsung perkembangan harga kebutuhan pokok.

"Pada pemantauan tadi, kami melihat bahwa semua harga-harga naik, termasuk harga minyak curah yang naik, tapi stoknya kosong. Harga beras, gula, tepung, bawang, ikan semuanya naik. Sedangkan harga daging ayam sebenarnya sudah naik, tetapi karena sepinya pembeli, pedagang di pasar tetap mempertahankan harga semula. Namun, daging ayam mengalami penurunan pembeli," ujar Deddy dalam kegiatan sidak yang dihadiri oleh unsur Forkopimda dan para awak media yang meliput kegiatan tersebut. 

Meski rata-rata harga kebutuhan pokok melonjak naik, kata Deddy, namun harga sayur-sayuran hijau masih stabil. 

Untuk mengatasi kenaikan harga-harga tersebut, ujar Deddy, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan akan segera menggelar operasi pasar murah pada hari Minggu mendatang. 

Tujuannya adalah untuk menstabilkan harga-harga dan akan melibatkan instansi terkait seperti Bulog untuk melaksanakan pasar murah di semua wilayah.

"Pemerintah menyediakan sembako gratis melalui pasar murah dengan harga yang terjangkau untuk seluruh masyarakat. Mudah-mudahan kenaikan ini tidak terlalu lama dan harga-harga dapat kembali stabil. Namun, dukungan dari semua tokoh masyarakat dan elemen masyarakat sangat diperlukan untuk menjaga kondisi perekonomian di Kabupaten Barito Selatan," ujar Deddy.

Pada kesempatan ini, Pj Bupati Barsel mengungkapkan tentang rencana renovasi dan penataan ulang Pasar Saik.

"Pemerintah telah membuat Surat Edaran dan Peraturan Bupati untuk menata semua pasar yang ada di Kabupaten Barito Selatan. Semoga dengan kerja sama semua pihak, kondisi perekonomian di kabupaten ini dapat terjaga dengan baik," pungkas Deddy.

Penulis: Digdo

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال