ITS Mandiri Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Kampus Baru di Batu Piring

BATU PERTAMA: Peletakan batu pertama pembangunan gedung kampus baru Institut Teknologi Sapta Mandiri (ITS Mandiri) – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL - Sebagai wujud peningkatan kualitas pendidikan serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, Institut Teknologi Sapta Mandiri (ITS Mandiri) di bawah naungan Yayasan Sapta Bakti Pendidikan (YSBP) melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung kampus baru di Batu Piring, Kabupaten Balangan, Jumat (8/3/2024).

Seperti diketahui, Institut Teknologi Sapta Mandiri merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang ada di Bumi Sanggam yang diresmikan pada tahun 2022 lalu.

Ketua Yayasan Sapta Bakti Pendidikan, Slametno mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan peletakan batu pertama gedung kampus baru ITS Mandiri guna mengoptimalkan serta menunjang kegiatan perkuliahan.

"Ini salah satu program jangka pendek dan jangka panjang dari yayasan kami guna megoptimalkan Institut Teknologi Sapta Mandiri," jelasnya.

Slametno menyebutkan tujuan lain dari pembangunan gedung baru ITS Mandiri karena jumlah mahasiswa yang semakin banyak.

"Di tahun kedua ini jumlah masiswa di ITS Mandiri sudah mencapai 700 orang dan diperkirakan di tahun ke tiga akan mencapai 1.000 mahasiwa," sebutnya.

Dia kemudian memaparkan mengenai luasan lahan yang disiapkan untuk membangun kampus baru ITS Mandiri adalah 5.000 meter persegi dan akan ditambah lagi 3.500 meter persegi.

"Saat ini kita dalam proses negosiasi untuk penambahan luas lahan di seberang gedung, sekitar dua hektare dan target pembagunan gedung tahap pertama pada bulan Agustus mendatang," paparnya.

Lebih lanjut, Slametno mengatakan, saat ini pihaknya juga tengah mengusahakan peningkatan status dari Institut Teknologi Sapta Mandiri menjadi Universiatas Sapta Mandiri.

"Sekarang sudah berproses dan insya Allah kami targetkan di Bulan Agustus atau September izinnya sudah terbit, jadi di tahun ajaran baru statusnya sudah jadi universitas," lanjutnya.

Senada dengan Slametno, Rektor ITS Mandiri, Abdul Hamid mengatakan bahwa tujuan dari adanya ITS Mandiri ini adalah untuk memberikan akses pendidikan kepada seluruh masyarakat Balangan mapun luar Balangan dan merupan wujud komitmen dalam meningkatkan SDM di Balangan.

"Jadi bagi masyarakat Balangan yang menempuh pendidikan perguruan tinggi tidak perlu lagi jauh-jauh karena nantinya kita akan menjadi satu-satunya universitan di hulu sungai," katanya.

Hamid berharap, ke depannya melaui ITS Mandiri bisa lebih meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) baik dari segi pembangunan, kapasitas dan kompetensi serta kualifikasinya.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال