Waket DPRD Barsel Apresiasi Kebijakan pj Bupati Kuliahkan Siswa Berprestasi ke Luar Negeri

 

WAWANCARA: Wakil Ketua DPRD Barsel Nyimas Artika - Foto Dok Nett

BORNEOTREND.COM, KALTENG- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel) Nyimas Artika mengapresiasi dan mendukung kebijakan penjabat bupati setempat yang akan kuliahkan siswa berprestasi dari kalangan keluarga kurang mampu ke luar negeri.

“Program tersebut sangat membantu siswa berprestasi dari kalangan keluarga kurang mampu untuk bisa melanjutkan jenjang pendidikannya,” katanya.


Dikatakannya, dengan adanya program ini, tentunya akan lebih memacu semangat bagi siswa dari kalangan keluarga kurang mampu untuk lebih meningkatkan prestasinya.

“Karena melalui program ini akan memberikan peluang yang sama bagi siswa kurang mampu dengan siswa dari kalangan keluarga yang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi,” ucap politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) Barsel itu.

Oleh karena itu, ia sangat mendukung program beasiswa kuliah ke China ini dan program tersebut tentunya dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan membuka lapangan pekerjaan.

Sementara Penjabat Bupati Barsel Deddy Winarwan sebelumnya mengatakan untuk 2023 ini akan diberangkatkan lima orang siswa berprestasi tersebut.

Dikatakannya, pada awal Oktober mendatang, mereka dipersiapkan untuk diberangkatkan ke China untuk mengikuti pendidikan jenjang Diploma III (D-III).

“Pendidikan tersebut merupakan beasiswa dari pemerintah daerah dan saya meminta agar yang dikirim nantinya siswa yang benar-benar pintar dari kalangan keluarga yang kurang mampu,” tegasnya.

Dirinya juga menyampaikan, program ini merupakan hasil kerjasama antara pemerintah kabupaten Barito Selatan dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia (APKASI).

“Untuk pendidikannya dilaksanakan selama empat tahun dengan rincian di tahun pertama belajar bahasa Mandarin dan ditahun kedua, ketiga dan tahun keempat mengikuti pendidikan D-III jurusan teknik kimia, teknik elektro dan juga robotik serta teknik informatika,” jelasnya.

Dirinya juga mengatakan, mereka yang lulus kuliah itu nantinya sudah ditunggu untuk memasuki dunia kerja.

“Untuk tahun depan, jumlahnya akan diperbanyak lagi dan kuliahnya tidak hanya diluar negeri, akan tetapi juga di dalam negeri,” tukasnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال