Cegah Banjir, Koramil 1012-08/Dusun Hilir Bersihkan Saluran Air

BERSIHKAN SALURAN AIR: Personel Koramil 1012-08/Dusun Hilir bersama masyakarat membersihkan saluran air – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM - Koramil 1012-08/Dusun Hilir menggelar kegiatan Karya Bakti program Kasad dengan membersihkan saluran air di Kelurahan Mangkatip, Kecamatan Dusun Hilir, Kabupaten Barito Selatan, Kamis (21/12/2023). 

Kegiatan yang dihadiri Danramil 1012-08/Dusun Hilir beserta anggota, Kapolsek Dusun Hulir beserta anggota, Camat Dusun Hilir, Perangkat Kelurahan Mangkatip dan masyarakat setempat ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menghindari bencana banjir dan munculnya wabah penyakit yang akan terjadi di wilayah tersebut.

Manfaat yang bisa diambil dalam karya bakti ini adalah agar semua pihak, baik aparatur pemerintahan desa dan masyarakat sekitar sadar dan mengerti tentang pentingnya kelancaran aliran air ini sehingga ketika hujan datang, air menjadi lancar mengalir.

Dandim 1012/Buntok Letkol Inf Hendro Wicaksono SIP mengatakan, para peserta kegiatan karya bakti melakukan pembersihan sampah yang sudah menumpuk dalam saluran air serta membersihkan rerumputan di bahu jalan.

"Ini kita lakukan bertujuan agar pada saat curah hujan deras tidak mengakibatkan penyumbatan pada saluran air sehingga dapat menyebabkan terjadinya banjir dan munculnya wabah penyakit," kata Dandim.

Dia juga mengatakan kegiatan karya bakti tak hanya pembersihan saluran air dan pembersihan selokan di permukiman saja, tetapi juga membersihkan pasar serta  menanam pohon.

"Tentunya ini salah satu program TNI untuk manunggal bersama rakyat dalam memasuki musim penghujan oleh sebab itu setiap wilayah yang terindikasi rawan banjir kita lakukan kegiatan gotong royong bersama masyarakat," ujar Dandim. 

Dandim kemudian mengimbau dan mengajak masyarakat agar bersama-sama menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Kita bersama-sama menjaga lingkungan kita tetap bersih dan terhindar dari banjir bila curah hujan tinggi," tutupnya.

Penulis: Digdo

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال