Layanan BPJS Kesehatan Semakin Mudah dan Dekat dengan Mobil Keliling

RAMAI: BPJS Kesehatan jemput bola melakukan pelayanan ke masyarakat dengan bantuan mobil keliling - Foto Dok Jamkesnews.com


BORNEOTREND.COM- Dalam upaya mewujudkan pelayanan yang Mudah, Cepat dan Setara kepada seluruh peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dengan unit Mobil Keliling memberikan pelayanan kepada masyrakat yang berada jauh dari Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

Pada Rabu, (15/11/2023) lalu layanan Mobil Keliling BPJS Kesehatan Cabang Barabai menjangkau masyarakat di Desa Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). 

Dengan adanya layanan Mobil Keliling ini masyarakat Desa Angkinang merasa sangat terbantu karena selain jarak yang menjadi faktor utama yang menghalangi mobilitas mereka menuju Kantor Cabang terdekat, faktor aktivitas masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai petani membuat mereka terkadang tidak memiliki waktu untuk mengurus keperluan mereka terkait BPJS Kesehatan.

Salah seorang warga, Maskunah, merasa adanya layanan Mobil Keliling ini sebagai satu hal yang sangat membantu keperluannya untuk mengurus perubahan data alamat dan pencetakan kembali BPJS Kesehatannya yang sempat hilang.

“Kebetulan alamat saya berubah karena saya berpindah rumah, tapi belum pernah sempat untuk mengurus ke kantor BPJS Kesehatan karena saya dan suami saya sehari-hari sibuk di kebun, selesai dari kebun sudah sore hari jadi sudah tidak sempat lagi. Sampai lumayan lama belum sempat mengurus, malah kartunya juga hilang. Beruntung sekali hari ini ada layanan dari BPJS Kesehatan disini jadi saya tidak perlu jauh-jauh mengurus keperluan saya,” ujar Maskunah.


Lebih lanjut, dirinya menyebut bahwa proses yang diperlukan untuk mengurus keperluannya tersebut sangat mudah dan petugas yang hadir sangat membantu dan mengakomodir keperluannya. Dirinya juga mengaku senang karena sebelum dating ke desanya, BPJS Kesehatan telah lebih dulu menginfokan melalui pihak desa bahwa akan ada layanan Mobil Keliling dari BPJS Kesehatan. 

“Dua hari lalu saya dapat info dari perangkat desa kalau akan ada pihak BPJS Kesehatan dating dan membuka layanan. Saya sempat minta ditanyakan kepada pihak BPJS Kesehatannya syarat yang dibutuhkan untuk mengurus data saya yang berubah dan kartu saya yang hilang itu. Ternyata syaratnya sangat mudah, cukup saya membawa KK saja semuanya beres dan dilayani,” sambungnya.

Tercatat Mobil Keliling BPJS Kesehatan di Desa Angkinang berhasil memberikan pelayanan kepada Maskunah dan puluhan warga lainnya. Merangkum pengalamannya memperoleh layanan dari Mobil Keliling BPJS Kesehatan, Maskunah mengaku sangat puas dan sangat senang karena Mobil Keliling ini membuat masyarakat lebih mudah dan cepat untuk mengurus keperluan BPJS Kesehatannya. 

Dikonfirmasi dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Desa Angkinang, Muhammad Supriyadi, memberikan apresiasi kepada kehadiran layanan Mobil Keliling ini. Menurutnya, inilah wujud komitmen BPJS Kesehatan dalam memastikan dan memberikan kemudahan pelayanan administrasi kepada peserta JKN. 

“Hal ini tentunya kami sambut degan sangat positif, mengingat keterjangkauan jarak dari kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan desa kami ini cukup jauh. Warga kami juga sangat antusias ketika mengetahui akan ada layanan Mobil Keliling ini. Apresiasi juga kami berikan kepada seluruh petugas yang mengakomodir layanan kepada warga kami yang hadir pada hari ini, sangat ramai dan dengan penuh kesabaran semuanya diberikan layanan satu per satu mulai dari yang mengurus perubahan data, sekedar mengecek keaktifan, maupun yang hanya sekedar bertanya-tanya saja,” bebernya.

Dirinya juga menjelaskan selain memberikan layanan kepada masyarakat di desanya, pihaknya bersama dengan tim BPJS Kesehatan yang hadir lebih dulu memberikan sosialisasi dengan materi utama terkait dengan manfaat kepesertaan Program JKN serta kemudahan layanan sebagai peserta JKN.

“Salah satu poin yang kemudian menjadi informasi baru dan sangat memberi kelegaan kepada warga kami yakni penjelasan terkait degan kemudahan layanan seperti dengan penggunaan NIK sebagai identitas kepesertaan dan menjadi identitas untuk memperoleh pelayanan di fasilitas kesehatan. Warga merespon dengan sangat baik informasi tersebut dan menyebut hal ini sebagai sebuah kemudahan yang menjawab banyak keresahan mereka selama ini,” tutupnya.

Sumber: Jamkesnews.com

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال