Indeks Keamanan Informasi Masih Diangka 20%, Pemprov Kalsel Gelar Rakor Lintas Sektoral

RAMAI: Kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral yang digelar Diskominfo Provinsi Kalsel - Foto Dok H Faidur


BORNEOTREND.COM- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) terus berupaya meningkatkan Indeks Keamanan Informasi (Indeks Kami).

Salah satunya melalui rapat koordinasi lintas sektoral, Selasa (14/11/2023) lalu di Aula H. Maksid Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel.

Menurut Kabid Persandian dan Keamanan Informasi Diskominfo Provinsi Kalsel Sucilianita Akbar, Skm,. MM, rakor tersebut dilaksanakan karena capaian Indeks Kami masih berada di bawah dari target.

"Baru 20% dari target 50% yang kami tentukan," ungkapnya.


Dirinya menambahkan salah satu faktor belum tercapainya target adalah proses digitalisasi Indeks Kami yang belum dikuasi penuh oleh tenaga teknis pada setiap instansi terkait.

"Dulu masih belum seperti sekarang yang semuanya serba digital," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Monitoring, Evaluasi, dan Audit Persandian dan Keamanan Informasi Diskominfo Kalsel Abdul Gafur, S.Pd menyampaikan, pasca rakor Indeks akan diadakan evaluasi serta pelatihan untuk mengejar target yang saat ini belum tercapai.

"Akan ada pelatihan untuk tenaga teknis berdasarkan data OPD yang belum melakukan asesmen mandiri," bebernya.

Selanjutnya dirinya berharap pada tahun 2024 nanti seluruh instansi sudah bisa melakukan asesmen mandiri sehingga semuanya memiliki data Indeks Kami.

"Terdapat 131 item yang harus diisi beserta dokumen pendukung yang harus dilampirkan, semoga semua bisa melaksanakannya di tahun 2024," pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan rapat koordinasi Indeks Kami yang diselenggarakan oleh Diskominfo Prov. Kalsel mengahadirkan sebanyak 63 instansi tingkat provinsi dan kabupaten kota.

Penulis: H Faidur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال