Firdaus Komar Sebut 22 Wartawan Peserta UKW PWI Banjarbaru Berkompeten

SAMBUTAN: Direktur UKW Pusat Firdaus Komar saat menyampaikan hasil ujian pada sesi penutupan UKW Muda - Foto Dok H Faidur


BORNEOTREND.COM- Direktur Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Pusat Dr. H. Firdaus Komar, S.Pd., M.Si menegaskan, sebanyak 22 peserta Uji Kompetisi Wartawan (UKW) angkatan pertama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Banjarbaru layak untuk menyandang status wartawan muda.

Hal tersebut disampaikannya pada saat menutup kegiatan UKW, Rabu (22/11/2023) di Novotel Banjarmasin Airport, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Dalam penilaian terdapat 24 peserta yang ikut UKW, 22 peserta dinyatakan berkompeten, 1 kabur dan 1 belum kompeten," ungkapnya.


Dirinya menambahkan bahwa target UKW bukan hanya kualifikasi, tetapi juga output yang memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Saya berharap kegiatan serupa tetap berlanjut di masa mendatang, termasuk UKW kategori madya dan utama," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Kalsel Zainal Helmie memberikan apresiasi luar biasa kepada panitia UKW PWI Banjarbaru yang telah menyelenggarakan kegiatan.

"Kami ucapkan apresiasi dan terimakasih kepada peserta yang tetap bertahan dalam ujian, serta Pemerintah Kota Banjarbaru yang berkomitmen mendukung kegiatan ini," tambahnya.

Di sisi lain, Putri Aulia, salah satu peserta menyampaikan manfaat yang dirinya dapatkan setelah mengikuti UKW.

"Saya semakin termotivasi untuk bisa menjunjung tinggi nilai kode etik jurnalistik serta menjadi wartawan yang berintegritas," pungkasnya.

Untuk diketahui, UKW angkatan pertama yang diselenggarakan oleh PWI Banjarbaru dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 21 - 22 November 2023. Dalam prosesnya seluruh peserta yang berasal dari berbagai media baik cetak maupun online diwajibkan untuk menyelesaikan 10 soal uji kompetensi yang menjadi pedoman wartawan dalam menjalankan tugasnya.

Penulis: H Faidur

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال