DPRD Seruyan Ingatkan Pentingnya Optimalisasi Pengelolaan Alsintan

KERJA: Petani saat sedang membajak sawah menggunakan alat pertanian modern - Foto Dok Nett

BORNEOTREND.COM- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan Bejo Riyanto meminta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Seruyan agar bisa mengelola alat dan mesin pertanian (Alsintan) dengan baik, sehingga semua petani bisa menggunakan fasilitas pertanian tersebut.

“Kita harap DKPP Kabupaten Seruyan bisa mengelola alsintan dengan baik, karena memang dengan keterbatasan alat yang dimiliki tidak mencukupi seluruh petani namun kita bisa memaksimalkan pengelolaannya,” kata Bejo di Kuala Pembuang.


Dia mengatakan, apabila dalam pengelolaan alat dan mesin pertanian dapat maksimal tentu dapat meningkatkan hasil pertanian. Hal tersebut dikarenakan dapat memberikan kemudahan bagi petani dalam melakukan aktivitas pertanian.

“Saat ini yang menjadi kendala di sekitar pertanian kita khususnya padi adalah keterbatasan alsintan seperti hand tracktor pengolahan lahan, mesin panen  dan lainnya, harus ada langkah dan upaya kongkrit untuk mengatasi hal tersebut,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dalam mengatur hal tersebut harus benar-benar diperhitungkan secara matang, baik itu regulasinya maupun kendala-kendala yang pernah dihadapi terkait dengan program pinjam pakai alsintan yang sudah pernah dijalankan sebelumnya.

Menurutnya, apabila dikelola dengan baik dan disusun manajemen yang sesuai, pengelolaan pertanian akan baik dan hasil panen pasti juga bisa meningkat.

Dirinya menambahkan bahwa pengelolaan sewa pakai alsintan tentunya juga perlu dikelola dengan maksimal, baik itu terkait harga sewa dan lama pemakaian. Kondisi dari alsintan juga perlu diperhatikan nantinya, sehingga petani tidak dirugikan dalam menggunakan fasilitas tersebut.

“Memang harus diperhatikan segala sesuatunya, jangan sampai petani belum menggunakan sudah ada kerusakan dan lainnya yang dapat merugikan petani, selain itu perlu di perhatikan juga agar sewa pakai alat itu tidak memberatkan petani di kemudian hari serta dalam pemakaian alsintan nantinya dapat berjalan dengan baik,” tukasnya.

Penulis/Sumber: Gunadi/Nett

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال