DPRD Kaltim Edukasi Mahasiswa Unmul Untuk Berpolitik Santun

DISKUSI: Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim Seno Aji saat memberikan motivasi kepada puluhan mahasiswa FISIP UNMUL - Foto Dok Arief

BORNEOTREND.COM- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Seno Aji memberikan motivasi cara berpolitik yang cerdas dan santun kepada sekira 50 mahasiswa jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Mulawarman (FISIP UNMUL).

"Kami melihat mereka punya antusiasme yang sangat tinggi terkait dunia politik. Kami jelaskan bagaimana kepemimpinan daerah itu, kemudian bagaimana hubungan DPRD dan pemerintah, nah ini menumbuhkan semangat baru," ujar Seno Aji di Samarinda belum lama tadi.


Kunjungan mahasiswa tersebut merupakan bagian dari agenda kuliah umum yang digelar oleh DPRD Kaltim untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang dunia politik dan pemerintahan kepada mahasiswa.

Dirinya dalam kesempatan itu juga mengatakan bahwa kunjungan mahasiswa Fisip Unmul sudah dijadwalkan sejak setahun yang lalu, namun baru terlaksana sekarang.

Ia juga mendorong mahasiswa agar terjun ke politik dengan santun dan tidak hanya menjelek-jelekkan lawan politik saja. Ia berharap anak muda bisa mengisi ruang politik dengan orang-orang yang baik dan bersih.

"Kalau mereka merasa baik ya mereka harus terjun, supaya tidak diisi oleh orang-orang kotor, begitu yang saya sampaikan kepada adik-adik mahasiswa," tuturnya.

Sementara itu, salah satu mahasiswa Fisip Unmul yang ikut dalam kunjungan tersebut Muhammad Alam, mengaku banyak mendapatkan ilmu dari kuliah umum tersebut.

"Banyak hal yang bisa kami pelajari dari kunjungan ke DPRD Kaltim, mengenai hubungan kerja parlemen dengan pemerintah provinsi. Kami juga diberikan motivasi oleh Seno Aji tentang bagaimana anak muda terjun berpolitik," bebernya.

Ia menambahkan bahwa kunjungan ini juga membantu mahasiswa untuk memahami apa yang menjadi tugas dan fungsi DPRD Kaltim dalam menjaring aspirasi masyarakat dan menyelesaikan persoalan warga.

"Kami berterima kasih kepada DPRD Kaltim yang sudah menyambut kami dengan baik dan memberikan kesempatan untuk belajar langsung dari mereka," tukasnya.

Penulis: Arief Rahman

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال