Banjarbaru Mendominasi Akreditasi A, Capaian Maksimal dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan

 

KOTA PENDIDIKAN: Banjarbaru Raih Akreditasi Tertinggi se-Provinsi -Foto dok mediacenter.banjarbarukota.go.id


BORNEOTREND.COM- Kota Banjarbaru berhasil mencapai prestasi membanggakan dengan meraih nilai tertinggi se-Provinsi Kalimantan Selatan dalam hasil akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). Penghargaan akreditasi kelas A ini menjadi bukti konkrit dari komitmen pemerintah setempat, khususnya Wali Kota Aditya Mufti Ariffin, dalam menjadikan Banjarbaru sebagai "Kota Pendidikan" yang patut diakui.

Prestasi ini diterima oleh Wali Kota Banjarbaru melalui perwakilan dari Kepala Dinas Pendidikan, Dedy Sutoyo, dalam sebuah acara yang diselenggarakan di Hotel Aria Barito, Banjarmasin, pada malam Minggu (26/11/2023). Dedy Sutoyo menyampaikan bahwa penghargaan ini adalah hasil dari upaya maksimal Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Pendidikan, terutama dalam pemenuhan sarana dan prasarana sekolah serta peningkatan mutu pendidikan secara bertahap.

"Alhamdulillah, Saya bersyukur dapat mewakili Wali Kota dalam menerima penghargaan akreditasi tertinggi A dari BAN S/M. Ini adalah bukti nyata dari kebijakan dan program Wali Kota dalam mengembangkan sektor pendidikan di Banjarbaru," ungkap Dedy Sutoyo pada Senin (27/11/2023).


Berdasarkan data terbaru dari rekapitulasi satuan pendidikan di bawah Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, hampir semua jenjang pendidikan telah berhasil terakreditasi, dengan dominasi nilai akreditasi A. Pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), terdapat 198 lembaga, termasuk TK, KB, TPA, dan SPS, yang telah terakreditasi, dengan 48 di antaranya meraih akreditasi A.

Sementara itu, di tingkat Sekolah Dasar (SD), dari total 89 SD di Banjarbaru, 84 di antaranya berhasil meraih akreditasi pada tahun 2023, dengan mayoritas, yaitu 47 SD, meraih akreditasi A, 35 SD akreditasi B, dan 2 SD akreditasi C.

Untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), baik negeri maupun swasta, sebanyak 24 SMP telah terakreditasi, dengan 12 SMP negeri meraih akreditasi A dan 2 SMP negeri meraih akreditasi B. Sedangkan untuk SMP swasta, terdapat 5 SMP dengan akreditasi A dan 5 SMP dengan akreditasi B.

Dedy menjelaskan bahwa penilaian akreditasi tahun 2023 telah dilakukan sejak Juni lalu dan mencakup 8 indikator sesuai ketentuan BAN S/M. Menurutnya, akreditasi ini bertujuan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur formal dan non-formal pada tiap jenjang dan jenis pendidikan. Keberhasilan meraih penghargaan ini menandakan peningkatan kualitas pendidikan di Banjarbaru dan memperkuat citra sebagai kota pendidikan yang layak diakui.

Sumber: mediacenter.banjarbarukota.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال