Samsun Berharap Banyak Millenial Jadi Wirausahawan Pertanian

 

WAWANCARA: Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun - Foto Dok Agustina

BORNEOTREND.COM- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun mendorong kelompok milenial untuk mau bertani dan menjadi wirausahawan di bidang pertanian.

“Pendapatan pertanian kita harus meningkat. Kalau pendapatannya meningkat, anak-anak muda kita pasti berminat untuk menggarap sektor pertanian,” ujarnya di Samarinda.


Menurut dia sektor pertanian memiliki potensi besar untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, terutama di saat negara lain ada yang mengalami krisis pangan.

Ia mencontohkan jika bekerja di perusahaan, penghasilan per bulan mungkin hanya sekitar tiga sampai lima juta rupiah. Namun, jika menjadi wirausahawan pertanian, penghasilan bisa lebih besar dan tidak terbatas.

“Penghasilan tergantung kita mau produksi apa, mau jual apa, yang memang dibutuhkan dan pangsa pasarnya luas. Kita masih banyak impor dari luar daerah, padahal kita bisa produksi sendiri,” katanya.

Ia menambahkan untuk mengembangkan sektor pertanian, diperlukan penjaminan dan perlindungan terhadap hasil pertanian. Selain itu, juga diperlukan peningkatan kualitas produk dan promosi yang maksimal.

Salah satu komoditas pertanian yang memiliki prospek bagus adalah kopi. Ia mengatakan, konsumsi kopi di Kalimantan Timur cukup tinggi, namun pengolahannya masih kurang optimal.

“Banyak peminat kopu, termasuk saya delapan kali sehari. Artinya pasar tersedia, tinggal bagaimana kita mengambil peluang pasar yang ada. Petani kopi kita harus meningkatkan kualitas produknya, baik dari segi rasa maupun kemasan,” tukasnya.

Penulis: Agustina

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال