Erik Thohir Dapat Dukungan dari Gen Z untuk Maju Pilpres 2024

DISKUSI: Dukungan Gen Z untuk Erik Thohir menjadi Cawapres di Pilpres 2024 kini datang dari Provinsi Kaltim - Foto Dok Agustina

BORNEOTREND.COM- Memiliki reputasi menterang dikalangan anak muda, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erik Tohir dinilai pantas dampingi Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Tak pelak, dukungan Gen Z untuk Erick Thohir semakin meningkat sebagai cawapres dari Prabowo Subianto pun menyeruak. Termasuk para pemuda Kaltim turut menyuarakan nama Erick Thohir sebagai kandidat terbaik yang akan mendampingi Prabowo Subianto di pilpres 2024 nanti.

Untuk itu para pemuda Kaltim menggelar diskusi publik, Jumat (20/10/2023) di D’klasik Cafe, JL Perjuangan 3, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. Dialog tersebut, mengangkat tema "Erick Thohir Calon Wakil Presiden (Cawapres) penentu kemenangan pilpres 2024".

Pria kelahiran 1970 itu memiliki segudang presrasi menterang. Ia dipercaya oleh Presiden Jokowi Dodo sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Dengan kepercayaan itu, dirinya berhasil menanggulangi pandemi Covid-19 dan memulihkan ekonomi nasional.

Kemudian, di Kementerian BUMN, ia berhasil meningkatkan laba secar konsisten setiap tahunnya, memberantas korupsi hingga mencetak dividen terbesar sepanjang sejarah.

Sedangkan dalam hal pemberantasan korupsi, Erick Thohir berhasil mengungkap kasus Jiwasraya, Asabri, Garuda Indonesia, Waskita Beton dan Pelindo.

Lalu pengalamannya menjadi Preside Klub asal Italia, Intermilan itu ia praktikan saat menjabat sebagai ketua umum PSSI, dimana Erick Thohir berhasil mendorong dan memotivasi Timnas Sepak Bola U-22 Indonesia membawa pulang medali emas di ajang SEA Games Kamboja 2023. 

Selain itu, sosok yang kerap memperhatikan anak muda itu sering memberikan dukungan melalui kuliah umum diberbagai kampus di Nusantara ini, memberikan dorongan kepada generasi muda agar bisa beradaptasi terhadap perubahan zaman.

Kepeduliannya terhadap anak muda ia realisasikan dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa dan mahasiswi yang berprestasi agar bisa fokus dengan pendidikan. Memberikan ruang untuk anak muda mengasah kemampuan mereka untuk melakukan magang diberbagai perusahaan yang dibawah naungan BUMN.

Sandias Veramega, seorang Influencer muda Samarinda menyebut, Erick Thohir dinilai sebagai pemimpin yang memiliki banyak inovasi dan juga sosok pembaruan. Hal itu terekam dari keberhasilan Erick Thohir dalam melakukan transformasi besar-besaran terhadap BUMN hingga menjadi lebih maju.

"Keberhasilan Erick dalam membereskan masalah di internal BUMN tidak mudah. Diperlukan kerja luar biasa dan inovatif yang berlandaskan semangat pembaharuan agar kinerja BUMN semakin maju," katanya.


Menurutnya, sosok yang dikenal tegas itu ternyata memiliki tipe kepemimpinan yang bersifat inovatif. Hal itu, dibuktikan dengan berbagai perubahan serta terobosan yang ia gaungkan untuk kemajuan lembaga yang dipimpinnya.

"Salah satu aksi nyata Erick adalah dengan memberantas korupsi yang ada di dalam tubuh BUMN. Adapun kasus yang ditangani Erick, mulai seperti Jiwasraya, ASABRI, Garuda Indonesia, Waskita Beton Precast, hingga Pelindo. Semuanya dibongkar dengan melibatkan Kejaksaan Agung," jelasnya.

Setelah membasmi koruptor dalam bada BUMN, tahun 2022, bada milik negara itu berhasil meningkatkan laba yang cukup fantastis. Raihan tersebut disebut-sebut paling tinggi dalam sejarah, saat itu BUMN berhasil mendapatkan keuntungan sebesar Rp 303 triliun.

"Banyaknya keberhasilan beliau ini sebenarnya menjadi bentuk semangat baru untuk kita sebagai penerus bangsa," tambahnya.

Tidak berbeda, Andri Ardiangsa, selaku Narasumber dalam diskusi publik ini juga mengatakan, Erik Thohir adalah  seorang pemimpin yang disenangi anak muda. Sebab, dia tau apa yang menjadi keresahan anak muda.

"Beliau ini berbeda dari pemimpin lain, kalau saya bilang beliau ini adalah suport systemnya anak muda, karena selalu memberikan dukungan terhadap kita," katanya.

Sejalan dengan pernyataan rekannya, Nur Salsabila, sebagai Narasumber juga menuturkan hal yang sama. Dia memberikan dukungan penuh kepada Ketua PSSI itu untuk maju di pilpres 2024 mendatang sebagai pasangan dari Prabowo Subianto.

"Kami mendukung jika beliau maju di pilpres tahun depan. Berdasarkan aspirasi yang ada, terkait bagaimana Erik terpilih agar melanjutkan program nyata yang sudah dilakukan di BUMN. Seperti, pemerataan pendidikan, termasuk di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal)," tukasnya.

Penulis: Agustina

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال