Tak Lagi Jadi Gubernur Jawa Tengah, PDIP Sudah Rancang Kegiatan Ganjar Hadapi Pilpres 2024

KAMPANYE: Bacapres PDIP, Ganjar Pranowo, bakal fokus kampanye mensosialisasikan program-programnya -Foto dok suara.com


BORNEOTREND.COM- Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengungkap sejumlah hal yang akan dilakukan Ganjar Pranowo usai tak lagi menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Menurutnya, Ganjar akan fokus sosialisasi dirinya sebagai bakal calon presiden untuk Pilpres 2024.

"Tentu setelah mas Ganjar mengakhiri masa pengabdiannya di Provinsi Jawa Tengah sebagai Gubernur, beliau akan lebih fokus melaksanakan tugas sosialisainya sebagai bacapres PDIP dan didukung parpol lain dengan waktu yang lebih lelusa," kata Basarah ditemui di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar, Jakarta Pusat, Selasa (5/9/2023).

Selama ini, kata dia, Ganjar meski sudah ditetapkan sebagai bacapres, sosialiasi pencapresan hanya bisa dilakukan pada saat waktu libur Sabtu dan Minggu.

Untuk itu, kata dia, pihaknya sudah merancang seluruh kegiatan Ganjar usai tak lagi menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

"Kami di sini sudah merancang berbagai kegiatan Mas Ganjar dan relawan seturut dengan berakhirnya masa jabatannya beliau hari ini," tuturnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan, kembali jika Ganjar ke depan akan fokus untuk bertemu rakyat melakukan sosialisasi program-programnya.

"InsyaAllah mas Ganjar akan semakin intensif dan masif bertemu dengan masyarakat untuk mesosialisakan program-programnya," pungkasnya.

Masa Jabatan Berakhir

Masa jabatan sembilan gubernur resmi berakhir pada Selasa (5/9/2023) hari ini. Untuk mengisi kekosongan jabatan hingga tahun 2024 mendatang, pemerintah pusat melalui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pun melantik sejumlah penjabat (Pj).

Adapun para gubernur masa jabatannya resmi habis hari ini di antaranya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Bali I Wayan Koster, serta Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Lalu, ada Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Lukas Enembe sendiri telah menjadi gubernur nonaktif Papua sejak ia ditetapkan sebagai tersangka dan ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Januari 2023 lalu. Jabatannya pun digantikan oleh Sekda Papua Ridwan Rumasukun.

Keputusan soal Ridwan yang menjadi pengganti sementara itu diambil lantaran Papua tidak memiliki wakil gubernur. Posisi tersebut memang sudah kosong sejak dua tahun lalu, yakni usai Klemen Tinal meninggal dunia pada pertengahan 2021.

Sementara itu, Ridwan Kamil kini sudah berstatus sebagai kader Partai Golkar. Pada awal Agustus 2023 lalu, pria yang akrab disapa Kang Emil ini berencana akan jalan-jalan keliling dunia setelah lengser dari jabatannya sebagai Gubernur Jawa Barat.

Sumber: suara.com

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال