Kemudahan Menjadi dan Memperoleh Pelayanan Sebagai Peserta Program JKN

BAHAGIA: Salamah pengguna Kartu JKN-KIS dari kepesertaan PBPU BP Pemda - Foto Dok Jamkesnews.com


BORNEOTREND.COM- Nyaman, mudah dan gratis. Itulah yang dirasakan oleh Salamah (40 tahun) selama menjalani pelayanan kesehatan sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Dirinya mengaku rutin menggunakan kartu JKN-KIS miliknya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan berupa pengecekan kolesterol, gula darah dan asam urat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dirinya terdaftar, yaitu Puskesmas Kambat Utara. 

“Selama menggunakan kartu ini terasa nyaman-nyaman saja, tidak pernah ditarik biaya, karena sudah dijaminkan, tapi Alhamdulillah tidak pernah sampai ke Rumah Sakit” tutur wanita yang terdaftar pada segmen kepesertaan PBPU BP Pemda ini.

 

Lebih lanjut, wanita yang sehari-hari berprofesi sebagai ibu rumah tangga ini mengisahkan pengalamannya selama menjadi peserta Program JKN. 

“Saya mendapat kartu ini sekitar kurang lebih tahun 2017 lalu, tapi baru tiga tahun belakangan rutin menggunakan. Saya senang pas menggunakannya karena mudah dan dilayani dengan baik” ujar Salamah.

Dirinya menjelaskan bahwa anggota keluarganya juga telah seluruhnya ditanggungkan oleh Program JKN, dan pernah merasakan kemudahan dan kepastian penjaminan manfaat pelayanan kesehatan program ini.

“Alhamdulillah, seluruh anggota keluarga saya sudah terdaftar dan pernah menggunakan juga. Suami saya pernah berobat karena kelilipan dimatanya, dan anak saya pernah berobat kepuskesmas karena panas dan demam,” ucapnya.

Saat ditanya mekanisme pengurusan hingga dirinya terdaftar sebagai peserta Program ini, dirinya menjelaskan bahwa justru dirinya dan keluarga tidak mengetahui sama sekali, dan murni semua ditangani oleh Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah. 

“Sangat senang tentunya. Saya tidak pernah mengurus apa-apa, tau-tau dikasih sama pak RT, dan pas coba digunakan di Puskesmas, dibilang gratis dan tidak dibeda-bedakan,” ucap syukur. 

“Terima kasih kepada pemerintah Hulu Sungai Tengah karena saya dan keluarga sudah dikasih kartu ini dan dijamin berobatnya, semoga semua masyarakat bisa terdaftar program ini,” timpalnya lagi.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Kepala Puskesmas Kambat Utara Khairunisa juga memberikan apresiasi kepada Program JKN.

“Menurut saya program ini sangat bagus, masyarakat kami jadi terjamin kesehatannya. Semoga nanti kalau ada yang belum terdaftar bisa segera terdaftar,” katanya.

Dirinya juga mengatakan bahwa pelayanan kepada seluruh pengunjung juga tidak dibedakan, apapun status kepesertaan BPJS Kesehatannya, atau bahkan dengan peserta yang belum terdaftar di BPJS Kesehatan. “Tidak, tidak ada kami beda-bedakan pelayanannya” tutur Khairunisa. 

“Kami juga selalu mengajak masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, bagaimanapun juga meski sudah terdaftar pada Program JKN tentu kita harapkan bisa selalu sehat dan tidak atau jangan sampai menggunakan,” ucapnya mengakhiri.

Sumber: Jamkesnews.com

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال