Puncak Harjad ke-73 Kalsel, Paman Birin Klaim Bukti Keberhasilan Pembangunan

 

RAMAI: Puncak Harjad ke-73 Kalsel di Siring 0 Kilometer Banjarmasin - Foto Dok Aboe

BORNEOTREND.COM- Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor mengatakan, pembangunan di Provinsi Kalsel sudah berada di jalur yang benar.

Capaian keberhasilan dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi yang stabil dan positif. Kemudian inflasi yang dapat dikendalikan dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mencapai 71,84 ditahun 2023.

Hal ini disampaikan Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor pada puncak peringatan hari jadi ke-73 Provinsi Kalsel, Selasa (15/8/2023) lalu di Siring 0 Kilometer Banjarmasin.

“Kita sedang berada di jalur yang benar dalam membangun Provinsi Kalsel. hal ini terbukti dengan pertumbuhan ekonomi daerah kita cukup stabil dan positif, inflasi bisa dikendalikan, UMKM sudah semakin pulih dan bangkit pasca pandemi yang lalu. Peningkatan indeks pembangunan manusia juga sangat bagus. Kita sudah mampu mencapai angka IPM 71,84 pada tahun 2023 ini,” kata Paman Birin.


Menurut dia dalam kerangka IPM inilah, sungguh tercermin keberhasilan dalam membangun sektor pendidikan, ekonomi dan kesehatan. Kondisi ini juga diberiringan dengan keberhasilan Kalsel dalam percepatan menurunkan angka stunting diberbagai daerah.

Dari disisi lain Provinsi Kalsel juga masih surplus dalam urusan produksi beras. Pemprov Kalsel juga sedang berupaya menuju swasembada daging, dengan mengembangkan program Siska Ku Intip, yang menjadi program andalan kalsel disektor peternakan.

Dikatakannya juga pembangunan infrastruktur juga terus ditingkatkan, baik infrastruktur yang mendukung sarana dan prasarana yang mendukung perekonomian daerah, maupun infrastruktur yang membuka akses antar wilayah dan kawasan, seperti pembangunan jalan lintas tengah banjarbaru dan batulicin yang teruskan dikerjakan.

"Cerita keberhasilan pembangunan ini masih cukup banyak. Namun rasanya, sudah cukup untuk menyatakan bahwa pembangunan Kalsel diperjalanan 73 tahun ini, sebagai capaian pembangunan yang wajib disyukuri dan kita jaga keberlanjutannya, agar melahirkan kuantitas dan kualitas pembangunan yang lebih baik lagi," jelasnya.

Sekedar diketahui, dalam even puncak peringatan hari jadi ke-73 Provinsi Kalsel yang digelar di Siring 0 Kilometer Banjarmasin tersebut dihadiri oleh pejabat maupun undangan ini sendiri mengusung Tema “Rakat Basindat, Junjung Martabat, Banua Babarakat". Semboyan ini memiliki arti persatuan yang sangat erat, selalu menjunjung tinggi derajat dan martabat, agar Banua atau kota mendapatkan keberkahan.

Kegiatan puncak peringatan hari jadi ke-73 Provinsi Kalsel sangat meriah, karena dihadiri oleh pejabat maupun tamu undangan.

Selain upacara, kegiatan juga di isi dengan adanya pesta rakyat. Berbagai stand dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) menyiapkan beragam makanan khas lokal seperti nasi kuning, lapat, mie habang, soto Banjar dan lainnya untuk di santap Masyarakat dengan gratis.

Inspektur Provinsi Kalsel Akhmad Fydayeen mengatakan, setiap SKPD di Pemprov Kalsel menyumbang seribu porsi aneka makanan. Pihaknya sendiri menyiapkan 1000 porsi sajian makanan khas banjar berupa pundut nasi dan intalu karuang.

“Semoga Provinsi Kalsel semakin maju dan terdepan, makmur dan sejahtera serta menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudi pekerti luhur. Rakat basindat, junjung kartabat, banua babarakat," pungkasnya.

Penulis: Aboe

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال