Kalsel Expo 2023 Resmi Dibuka, Gubernur Kalsel Tegaskan Kalsel Siap Mendunia

SIMBOLIS: Pemotongan pita tanda dibukanya even Kalsel Expo 2023 di Lapangan Dr Murjani Banjarbaru - Foto Dok H Faidur


BORNEOTREND.COM- Memulai dengan Tagline "Kalsel Babussalam, Gerbang Nusantara", Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor resmi membuka even Kalsel Expo 2023, Rabu (30/8/2023) lalu di Lapangan dr Murdjani, Kota Banjarbaru.

Proses pembukaan Kalsel Expo 2023 diawali dengan pembacaan doa oleh Habib Ali bin Muhammad Al Haddar yang berasal dari Tarim Hadramaut dan dilanjutkan oleh sambutan dari Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel. 

Dalam sambutannya, Gubernur Kalsel Paman Birin menyampaikan kegiatan Kalsel Expo 2023 adalah bentuk kepedulian pemerintah Provinsi Kalsel terhadap kondisi perekonomian masyarakat sekaligus ajang perkenalan tagline terbaru Kalsel yaitu "Kalsel Babussalam, Gerbang Nusantara". 

"Kita menyadari bahwa UMKM adalah suatu usaha yang mampu bertahan ketika badai covid-19 menghantam seluruh negara sehingga dengan adanya Kalsel Expo 2023 pada kesempatan kali ini kita ingin UMKM semakin maju dan berkembang bahkan mendunia," katanya.


Dirinya menambahkan bahwa tidak hanya UMKM Kalsel yang siap untuk mendunia namun juga ada Geopark Meratus Kalsel yang tinggal selangkah lagi dengan status nasionalnya saat ini menjadi internasional.

"Saat ini kita sedang berjuang untuk dapat mewujudkan Geopark Meratus yang statusnya nasional menjadi internasional," ujarnya. 

Sehingga tagline terbaru "Kalsel Babussalam, Gerbang Nusantara" adalah wujud nyata pemerintah Kalsel dalam menjemput dunia serta menyambut para tamu yang akan datang di bumi lambung mangkurat. 

Sebelumnya, PLT Kepala Dinas Perdagangan Kalsel Nurul Fajar Desira selaku Ketua pelaksana Kalsel Expo 2023 menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk memberikan gambaran hal-hal yang sudah berhasil dicapai oleh pemerintah Provinsi Kalsel.

"Kegiatan ini merupakan bentuk keberhasilan antara pemerintah dengan para pelaku UMKM dalam mengembangkan perekonomian Kalsel terlebih dengan adanya Geopark Meratus yang berstatus nasional tentu saja akan membuat Kalsel semakin maju," bebernya.

Selanjutnya dirinya menghaturkan terima kasih kepada seluruh elemen yang turut andil dalam memberikan kontribusi sehingga kegiata Kalsel Expo 2023 dapat terlaksana.

"Terima kasih kepada Bapak Gubernur yang telah memberikan arahan dan petunjuk sehingga acara ini bisa terlaksana serta kepada Wali Kota Banjarbaru Bapak H. Aditya Mufti Arifin yang telah menyediakan tempat untuk penyelenggaraan Kalsel Expo 2023," pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan Kalsel Expo 2023 akan digelar selama 5 hari mulai dari tanggal 30 Agustus hingga 3 September nanti.

Penulis: H. Faidur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال