Bupati Pulang Pisau: Keberadaan Karang Taruna Harus Bisa Menjadi Motor Penggerak

 

KARANG TARUNA: Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang membuka kegiatan peningkatan kapasitas SDM untuk Karang Taruna desa dan kelurahan -Foto dok IST


BORNEOTREND.COM- Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Pudjirustaty Narang (14/8/2023) mengatakan keberadaan organisasi Karang Taruna di tengah-tengah masyarakat harus menjadi motor penggerak dalam membantu pemerintah menjawab permasalahan kesejahteraan sosial yang terjadi di wilayah tingkat desa maupun kelurahan.

Saat membuka kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pengurus Karang Taruna desa dan kelurahan yang di pusatkan di Aula Dinas Sosial setempat, Pudjirustaty mengingatkan organisasi Karang Taruna miliki potensi sumber kesejahteraan sosial yang kuat sehingga perlu dibina dan dikembangkan dalam penyelengaraan kesejahteraan sosial sebagaimana tercamtum dalam Undang-Undang Nomor 11 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial.

"Melalui kegiatan pelatihan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia bagi pengurus Karang Taruna desa dan kelurahan ini, dapat menggali potensi sumber kesejahteraan sosial yang ada serta dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan dalam mengelola dan mengembangkan Karang Taruna yang lebih baik dan maju," kata Pudjirustaty.

Peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang diberikan kepada warga Karang Taruna ini, terang dia, perjalanan Karang Taruna ke depan bisa memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan kesejahteraan sosial bagi masyarakat di kabupaten setempat. Karang Taruna mempunyai peran penting sebagai agen perubahan yang tumbuh dan berkembang ditengah masyarakat yang penuh tanggungjawab.

Dikatakan Pudjirustaty, Karang Taruna adalah organisasi tempat berkumpulnya generasi muda dan sebagai wadah dalam membentuk karakter generasi muda sebagai upaya pengembangan potensi. Selain itu menjadi wadah untuk memupuk rasa kebersamaan di kalangan pemuda.

Melalui berbagai kegiatan positif dan produktif, Pudjirustaty optimis bahwa Karang Taruna dapat membangun generasi yang tangguh, kreatif serta memiliki nilai-nilai sosial yang kuat. Namun, untuk membangun dan mewujudkan SDM Karang Taruna yang handal, diperlukan kerjasama dan dukungan dari seluruh pihak.

Dirinya mengajak para pengurus dan anggota Karang Taruna tingkat desa dan kelurahan untuk terus belajar, berinovasi, dan mengambil peran dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat terkait permasalahan kesejahteraan sosial. Menumbuhkan dan mengembangkan ekonomi produktif serta mampu memberikan dampak positif berbagai aspek kehidupan di masyarakat.

Pudjirustaty Narang mengatakan pemerintah setempat terus mendukung upaya peningkatan kapasitas Karang Taruna, baik melalui bantuan anggaran serta fasilitas lainnya agar dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan mendorong pemerintah desa dan kelurahan melakukan hal yang sama untuk memajukan Karang Taruna di desa dan kelurahannya masing-masing.

Dengan semangat gotong royong dan tekad yang kuat, menurutnya, Karang Taruna bisa bahu-membahu dengan seluruh komponen lainnya mewujudkan visi bersama untuk membangun masyarakat yang lebih baik dan pengembangan ekonomi produktif dan mampu memberikan dampak positif berbagai aspek kehidupan di masyarakat. Semangat gotong royong dan tekad yang kuat yang ditunjukan saat ini, Karang Taruna bisa menjadi salah satu komponen untuk mewujudkan visi bersama membangun masyarakat ke arah yang lebih baik.

Penulis: Agerson

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال