Buka Peluang Usaha. Disperindagkop UMK Pulpis Gelar Pelatihan Cetak Batik

 

PELUANG USAHA: Pelatihan batik oleh dinas Disperindagkop dan UMK Kabupaten Pulang Pisau -Foto dok IST


BORNEOTREND.COM- Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Perindustrian perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UMK) setempat menggelar pelatihan cetak batik. Kegiatan tersebut digelar selama 8 hari yang dimulai dari tanggal 20 hingga 28 Juli itu merupakan kegiatan dari Kementerian yang bekerjasama dengan anggota Komisi VII DPR RI, Willy M Yosep dengan yang diikuti sekitar 100 peserta.

Dikatakan Kepala Disperindagkop dan UMK Kabupaten Pulang Pisau, Eliezer Jaya, Senin (24/7/2023) tadi jika hanya mengandalkan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada ini suatu saat bisa habis. Oleh karenanya, Pemerintah Daerah sangat merespon positif dengan dilaksanakan kegiatan ini. Dan juga bermanfaat untuk mencoba membuka wawasan usaha di Kabupaten Pulang Pisau ke arah usaha yang lain

"Target yang kita lakukan adalah untuk motif batik hasil dari lomba batik tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau. Mudah-mudahan kedepannya, dari empat motif batik yang sedang diurus HAKI ini bisa menjadi motif batik khas Pulang Pisau dan kedepan bisa dituangkan ke Peraturan Bupati (Perbup).

Dikatakan dirinya lagi, untuk peserta yang terlibat sekitar 100 orang dari OPD di Kabupaten Pulang Pisau, Yakni dari DPMD, Disnakertrans, Disbudpar dan Dispora yang merupakan kelompok-kelompok usaha binaan dari dinas yang bersangkutan dengan melibatkan pemerintah kecamatan.

“Semoga dengan adanya nuansa baru ini para peserta bisa mengadopsi ilmu yang diberikan oleh instruktur sehingga tujuan akhirnya dapat menciptakan lapangan kerja baru dan menambah penghasilan ekonomi bagi masyarakat,” tukasnya.

Penulis: Agerson

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال