Soft Launching Pomnas XVIII di Kalsel Digelar

 

BERGERAK: Soft Launching Pomnas XVIII Kalsel di halaman rektorat ULM Banjarmasin - Foto Dok Arief

BORNEOTREND.COM- Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVIII pada Oktober 2023 mendatang.

Hal tersebut diawali dengan Soft Launching Pomnas XVIII, Selasa (30/5/2023) di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

Rektor ULM Prof Ahmad, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah karena telah mempercayai Provinsi Kalsel sebagai tuan rumah Pomnas XVIII. 

“Terutama dalam hal ini Kementerian yang menunjuk Kalsel sebagai tuan rumah. Kemudian kami juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel yang siap turut mendukung suksesnya kegiatan Pomnas XVIII di Kalsel," ucapnya.


Diungkapkannya juga akan ada tambahan 2 cabang olahraga dalam Pomnas XVIII di Provinsi Kalsel. Di mana sebelumnya hanya ada 14 cabang olahraga. 

“Kalau tidak salah cabor gulat dan catur,” katanya.

Ia berharap Kalsel bisa masuk peringkat 10 besar.

“Mudah-mudahan kita bisa meraih medali di cabor-cabor tambahan yang telah diusulkan panitia pusat. Kami berharap Kalsel bisa masuk peringkat 10 besar,” ujarnya.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Kalsel Bidang Kemasyarakatan dan SDM Husnul Khatimah mengungkapkan, dengan adanya Pomnas XVIII, maka bisa mengenalkan wisata Kalsel ke kancah nasional. 

“Adanya kompetisi nasional yang dihadiri ribuan peserta ini bisa mengenalkan beberapa wisata yaitu kuliner, alam, budaya dan sopan santun warga Kalsel,” bebernya.

Ia juga memberikan dukungan kepada para atlet Kalsel.

“Selamat berjuang para atlet untuk menjalankan kompetisi ini,” cetusnya.

Kemudian, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel Hermansyah menambahkan, telah menyiapkan pendanaan untuk penyelenggaraan dan atlet berprestasi.

“Pendanaan kegiatan Pomnas ini sudah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah mempersiapkan venue untuk 16 cabor.

“Saat ini kita sedang proses untuk peralatan dan venue. Venue pasti standar nasional,” pungkasnya.

Diketahui, Pomnas ini akan mempertandingkan 16 cabang olahraga. Diantaranya atletik, panjat tebing, renang, karate, gulat, taekwondo, tenis lapangan, kempo, catur, pencak silat, bridge, sepak takraw, futsal, bulu tangkis, bola basket, dan bola voli pasir. Ada pun Grand launching rencananya digelar pada Juni 2023 mendatang.

Penulis: Arief Rahman

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال