Rapat Evaluasi, Pemanfaatan Data Statistik Perlu Ditingkatkan

DISKUSI: Rapat Evaluasi Persiapan Penilaian Penyelenggaraan Statistik Sektoral tahun 2023 di Aula Dinas Kominfo Kalsel - Foto Dok diskominfomc.kalselprov.go.id


BORNEOTREND.COM- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel melakukan rapat evaluasi Persiapan Penilaian Penyelenggaraan Statistik Sektoral tahun 2023.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel melalui Kepala Bidang Informasi Publik dan Statistik Tarwin Patik Mustafa mengatakan, pemanfaatan data statistik sektoral dan statistik dasar masih perlu ditingkatkan dalam penyusunan perencanaan, monitoring, evaluasi, dan penyusunan kebijakan pembangunan.

“Demikian pula halnya dengan aspek penguatan SSN berkelanjutan, perlu adanya peningkatan kualitas dalam perencanaan pembangunan statistik dan penyebarluasan data statistik, serta pemanfaatan unofficial statistic sebagai pengayaan dalam statistik sektoral,” katanya, Jumat (26/5/2023) di Banjarbaru.


Dirinya juga menjelaskan, dalam domain penilaian Indeks Pembangunan Statistik (IPS) ada lima aspek yaitu pertama Prinsip Satu Data Indonesia, kedua Kualitas Data, ketiga Proses Bisnis Statistik, keempat Kelembagaan, dan kelima Statistik Nasional.

“IPS tersebut merupakan gambaran dari hasil evaluasi terhadap penyelenggaraan kegiatan statistik,” jelasnya.

Untuk itulah agar dapat meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan statistik sektoral serta kualitas data statistik, maka perlu seluruh produsen data serta walidata harus menerapkan semua prinsip SDI. Lalu diperhatikan aspek kualitas data yang akan dipublikasikan, produsen data mencermati rangkaian proses bisnis statistik yang baik dan benar, sebagai contoh General Statistical Business Process Model (GSBPM).

“Jadi produsen data harus memastikan ketersediaan tenaga statistik yang kompeten dan perlu adanya penyusunan petunjuk teknis pelaksaan SDI,” terangnya.

Maka ia berharap, kolaborasi antar komponen SDI di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel agar dapat berjalan dengan lancar.

“Sehingga dalam penanganan tata kelola data statistik sektoral bisa terlaksana dengan baik,” tutupnya. 

Sumber: diskominfomc.kalselprov.go.id

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال