Permintaan Jasa Ekspedisi Naik Lagi, Konveksi dan Bahan Olahan Makanan Mendominasi Pengiriman

 

WAWANCARA: Owner Ekspedisi Lintas Jawa Group Saut Nathan Samosir - Foto Dok Arief

BORNEOTREND.COM- Konveksi dan bahan olahan makanan masih mendominasi pengiriman barang melalui jalur laut menggunakan jasa ekspedisi setelah berakhirnya momen libur lebaran.

Salah satu pebisnis jasa ekspedisi di Kota Banjarmasin Saut Nathan Samosir menyebut,  banyaknya pengiriman konveksi dan bahan olahan makanan wajar terjadi, mengingat dua bisnis ini biasanya tambah bergilat setelah momen lebaran berakhir. 

"Kalau konveksi para pedagang baju mulai menyiapkan stok untuk momen Idul Adha, makanya mereka mulai membeli lagi setelah barangnya banyak habis diborong saat Ramadan dan Idul Fitri lalu," ujar Owner Ekspedisi Lintas Jawa Group itu, Sabtu (27/5/2023).


Sedangkan untuk bahan olahan makanan, mulai dibukanya kembali rumah makan dan restoran sehabis momen libur lebaran berakhir membuat permintaan bahan olahan makanan dari pulau Jawa menjadi naik signifikan. 

"Para pedagang kelontongan yang mudik ke Jawa kan juga banyak yang sudah kembali. Otomatis mereka juga memerlukan banyak bahan olahan makanan agar bisa berjualan lagi," tambahnya. 

Perharinya tidak kurang ada 3 - 4 unit Truck Fuso yang diberangkatkannya dari Surabaya ke Kota Banjarmasin untuk mengangkut berbagai barang yang dibeli oleh masyarakat Banua. 

"Standarnya memang 3 - 4 unit Truck Fuso. Sempat turun sampai 1 - 2 unit Truck Fuso, tapi itu saat pas momen libur lebaran dan kini sudah kembali lagi," timpalnya. 

Dirinya memprediksi kemungkinan kenaikan pengiriman barang akan terus terjadi sampai mendekati momen Lebaran Idul Adha. 

"Biasanya siklus tahunnya begitu, saat Ramadan naik lalu libur Lebaran turun. Habis libur Lebaran berakhir permintaan jasa ekspedisi naik lagi sampai mendekati momen Hari Raya Idul Adha," tukasnya.

Penulis: Arief Rahman

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال