Kolaborasi untuk Bisnis Bersih: PLN (Persero) Mendorong Praktik Anti-Penyuapan di Antara Mitra Bisnis

 

INTEGRITAS: PLN UIP3B Kalimantan, mengajak seluruh mitra bisnis untuk berpegang teguh kepada pedoman Good Corporate Governance (CGC) -Foto dok PLN UIP3B Kalimantan

BORNEOTREND.COM- PT PLN (Persero) berkomitmen menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) pada seluruh lini bisnisnya. Sebagai bentuk komitmennya, PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan mengajak seluruh mitranya untuk turut berkomitmen dan menyelaraskan langkah dalam kegiatan Collective Action yang dilaksanakan di Hotel Fave Banjarbaru (15/5/2023).

Abdul Salam Nganro, General Manager PLN UIP3B Kalimantan, mengajak seluruh mitra bisnis yang hadir untuk berpegang teguh kepada pedoman Good Corporate Governance (CGC) dan prinsip 4 No’s dalam setiap aktivitas kerjasama.

“Kami mengajak mitra untuk menerapkan No Bribery (penyuapan), No kickback (komisi), No Gift (hadiah), dan No Luxurious Hospitality (jamuan mewah). Harapannya dengan menjunjung tinggi nilai integritas tersebut akan tercipta hubungan yang sehat antara PLN dan mitra bisnis serta terhindar dari konflik kepentingan” tegas Salam.


Salam menambahkan PLN UIP3B Kalimantan sendiri telah mengantongi sertifikat SNI ISO 37001 sejak tahun 2021. Sebagai bentuk penerapannya, setiap calon mitra harus melalui proses Integrity Due Diligence (IDD) yang bertujuan untuk menilai lebih lanjut sifat dan tingkatan risiko penyuapan. 

Selain mencegah penyuapan, Salam juga menghimbau seluruh mitra untuk selalu menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja dalam melaksanakan pekerjaan di lingkungan PLN. 

Salam menyampaikan kepada seluruh mitra bisnis untuk memastikan bahwa kontraktor yang bekerja di lingkungan perusahaan telah memenuhi standar Contractor Safety Management System (CSMS). 

“Dengan CSMS perusahaan dapat memastikan kontraktornya profesional dan berkomitmen menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja,” imbuh Salam.

Terdapat 105 mitra bisnis baik penyedia barang maupun jasa yang telah terdaftar CSMS di PLN UIP3B Kalimantan. 

“Mari bersama kita jaga hal itu bukan hanya sebagai syarat dalam bekerjasama saja tapi menjadi budaya dan pedoman dalam bekerja,” ujar Salam.

Wahyu Widodo, Manajer Media Enter Print Banjarbaru menyampaikan apresiasinya atas komitmen PLN dalam menciptkakan lingkungan kerja yang bersih dari korupsi. 

“Acara ini sangat bermanfaat untuk kami para mitra bisnis PLN dalam menjalin kerjasama, sehingga kami tau koridor-koridor dan aturan yang berlaku di PLN” ungkap Widodo.

Widodo mengaku setelah mengikuti kegiatan collective action yang digelar PLN dirinya semakin berkomitmen untuk menghindari perilaku yang mengarah ke penyuapan dan menjunjung keselamatan kerja dalam setiap proses pekerjaan di PLN UIP3B Kalimantan.

Sumber: PLN UIP3B Kalimantan

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال