DKP3 Kota Banjarbaru Gelar Lomba Masak Serba Ikan untuk Ciptakan Inovasi Menu Berbahan Ikan

 

OLAHAN SERBAN IKAN: Sekda Kota Banjarbaru H. Said Abdullah saat meninjau menu masakan para peserta. -Foto dok mediacenter.banjarbarukota.go.id

BORNEOTREND.COM- Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru telah mengadakan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kota Banjarbaru pada Kamis (04/05/2023). Tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk menciptakan inovasi menu yang bernilai jual ekonomis dengan bahan baku ikan potensi atau unggulan daerah dengan tema Ayo Makan Ikan dan Cegah Stunting.

Seluruh TP PKK Kelurahan se-Kota Banjarbaru berpartisipasi dalam lomba masak serba ikan ini, dengan menu yang dilombakan yakni Menu Kudapan, Keluarga, dan Balita. Lomba ini menampilkan kreativitas atau inovasi resep baru, penyajian yang menarik, cita rasa, hygienis, dan aman dikonsumsi.

Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru H. Said Abdullah menyampaikan harapannya kepada DKP3 Kota Banjarbaru untuk terus mengawal pengolahan ikan ini dilanjutkan sampai packaging, pemasarannya, hingga penyediaan bahan untuk dikembangkan terus. 

“Kalo pengolahan ini berkembang maka tentu saja produksi akan meningkat. Ini saja mungkin bisa menjadi ikon Banjarbaru. Setelah ini kita berharap kepada DKP3 Kota Banjarbaru terus mengawal, jadi pengolahan ini dilanjutkan sampai packaging, pemasarannya hingga penyediaan bahan untuk dikembangkan terus,” ucapnya.


Juara Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kota Banjarbaru pada kategori Menu Kudapan diraih Kelurahan Guntung Payung, juara I kategori Menu Keluarga didapat Kelurahan Loktabat Utara dan juara I kategori Menu Balita diperoleh Kelurahan Guntung Payung.

Pemerintah Kota Banjarbaru berharap agar lomba masak ini bisa diterapkan kepada seluruh keluarga di Kota Banjarbaru sehingga masyarakat khususnya anak-anak gemar makan ikan tumbuh sehat, menciptakan SDM yang berkualitas dan terhindar dari stunting. 

Saat ini, di Kota Banjarbaru, sejak 2022 hingga 2023, sudah ada 120 RT yang melaksanakan kegiatan Program RT Mandiri, dengan 80 persen bergerak di bidang pertanian dan 40 persen budidaya perikanan. Pada tahun 2024 mendatang, DKP3 Kota Banjarbaru akan mengembangkan Bioflok Budidaya Ikan Gabus di 30 pesantren se-Kota Banjarbaru sehingga kebutuhan ikan di Kota Banjarbaru bisa terpenuhi dengan adanya pengembangan budaya ikan tersebut.

Sumber: mediacenter.banjarbarukota.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال