Cegah Karhutla, Pemilik Lahan Diminta Tidak melakukan Pembakaran

 

WAWANCARA: Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu - Foto Dok mediacenter.palangkaraya.go.id 


BORNEOTREND.COM- Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) merupakan salah satu bencana yang dapat disebabkan oleh manusia. Karhutla ini membawa banyak dampak negatif serta kerugian bagi ekosistem lingkungan, mahluk hidup dan berbagai sektor kehidupan lainnya.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi hal tersebut, Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu meminta kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan. Terutama bagi pemilik lahan diharuskan melakukan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB).

Hal ini disampaikan mengingat kasus terjadinya karhutla itu sebagian besar disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri karena membuka lahan dengan melakukan pembakaran.

“Oleh sebab itu saya tekankan terutama bagi pemilik lahan yang hendak membuka lahannya untuk berkebun, agar tidak melakukan pembakaran,” kata Hera, Selasa (9/5/2023).


Dikatakannya sejauh ini Pemko Palangka Raya telah melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanganan karhutla seperti pelaksanaan patroli gabungan dilakukan secara intensif. Begitupun pengecekan kesiapan sarana dan prasarana peralatan. Tak kalah penting imbauan dan sosialisasi terkait kewaspadaan karhutla kepada masyarakat juga terus dijalankan.

“Hari ini melalui dinas terkait Pemko kembali menggelar sosialisasi pencegahan karhutla dan pelatihan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB). Harapan saya melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya menjaga keberlangsungan ekosistem lahan dari bencana kebakaran yang dapat merusak lingkungan kita,” tutup Hera. 

Sumber: mediacenter.palangkaraya.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال