Banyak Potensi Kecurangan di Pemilu 2024, LSM KAKI Ingatkan KPU Untuk Tegak Lurus Kawal Pemilu Yang Jurdil

RAMAI: LSM KAKI saat melakukan aksi demo damai di KPU Kalsel - Foto Dok Arief

BORNEOTREND.COM- Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI) H Akhmad Husaini alias Haji Usai berharap, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel dapat betul-betul serius dalam menjalankan fungsinya di Pemilu Tahun 2024 mendatang.

Hal itu diungkapkannya saat LSM KAKI menggelar aksi demontrasi damai di depan Kantor KPU Provinsi Kalsel, Kamis (4/5/2023) lalu di Banjarmasin.

“Pemilu 2024 ini kan digelar serentak secara berbarengan, mulai dari legislatif, kepala daerah hingga Presiden. Ini sangat rentan sekali terjadi berbagai macam kecurangan yang bisa merusak kualitas persta demokrasi kita yang digelar setiap 5 tahun sekali,” tegasnya.


Untuk itulah diperlukan komitmen yang sungguh-sungguh dari penyelenggara pemilu, salah satunya KPU untuk bisa memastikan bahwa Pemilu 2024 di Provinsi Kalsel dapat berjalan jujur dan adil sehingga dapat menciptakan pemimpin yang benar-benar berkualitas nantinya.

“Seperti kita ketahui bersama, pada Pemilu 2019 lalu banyak sekali kecurangan yang terjadi, mulai dari politik uang, penyelenggara yang tidak netral hingga penggunaan fasilitas negara untuk kandidat tertentu. Ini kita harapkan bisa di antisipasi lebih awal oleh penyelenggara pemilu, termasuk dari KPU,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel Edy Ariansyah berterimakasih KPU sudah di ingatkan terkait berbagai potensi kecurangan yang bisa terjadi pada Pemilu 2024 mendatang.

Untuk itulah ia pun berharap, semua pihak termasuk LSM KAKI bisa sama-sama ikut mengawasi even 5 tahunan ini bisa menghasilkan pemilu yang jujur dan adil agar mampu membawa manfaat bagi masyarakat kedepannya.

“Kami di penyelenggara pemilu juga akan tegak lurus agar Pemilu 2024 untuk memastikan penyelenggarannya sesuai aturan, jujur dan adil supaya pesta demokrasi ini bisa berjalan sukses di Kalsel,” tukasnya.

Penulis: Arief Rahman 

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال