Cuaca Ekstrem, Ini Imbauan Walikota Palangka Raya

WAWANCARA: Kepala BPBD Palangka Raya Emi Abriyani - Foto Dok mediacenter.palangkaraya.go.id


BORNEOTREND.COM- Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Emi Abriyani menyebutkan bahwa pada bulan Maret ini Kota Palangka Raya kerap kali diguyur hujan disertai angin kencang, kilat dan petir.

“Akibat cuaca ekstrem tersebut tak jarang menyebabkan banjir serta pemadaman aliran listrik di Kota Palangka Raya,” kata Emi, Selasa (14/3/2023).


Menyikapi hal tersebut, Walikota Palangka Raya Fairid Naparin meminta kepada seluruh warga Kota Palangka Raya untuk memperhatikan imbauan berikut, yang pertama saat terjadi hujan deras dan berangin, berlindunglah di tempat yang aman seperti di dalam rumah dan di bawah bangunan terdekat serta jangan di bawah pohon.

Kedua, jika melihat anomali jaringan listrik seperti pohon tumbang yang menimpa jaringan listrik, usahakan menjauh dengan jarak aman dan laporkan ke call center 112 atau BPBD dan PLN untuk segera mendapat penanganan.

Selanjutnya yang ketiga, jika terjadi banjir dan menggenangi isi rumah, cabut peralatan listrik yang tersambung seperti stop kontak, sakelar dan MCB, kemudian amankan ke tempat yang lebih tinggi.

Keempat, jika aliran listrik yang terkena banjir tidak padam, segera hubungi PLN. Dan imbauan kelima, segera hubungi BPBD untuk penanganan bahaya bencana banjir.

Lima butir imbauan tersebut diharapkan kepada masyarakat untuk diperhatikan dan diimplementasikan saat cuaca ekstrem terjadi.

Sumber: mediacenter.palangkaraya.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال