Ambin Demokrasi Ingatkan Timsel Anggota KPU Kabupaten/Kota Pilih yang Terbaik

 

Ilustrasi, logo KPU 2024
( Foto: nett )

BORNEOTREND.COM - Forum Ambin Demokrasi yang beranggotakan para pegiat demokrasi dari berbagai latar belakang profesi, soroti tahapan rekrutmen penyelenggara pemilu, calon anggota KPU kabupaten/kota di Kalsel. Mereka menilai proses rekrutmen anggota KPU kabupaten/kota ini rawan direkayasa oleh oknum atau kelompok tertentu.

“Tim dibagi dalam dua bagian wilayah kerja, yang sama persis dengan daerah pemilihan. Kondisi ini sangat rawan direkayasa oleh orang atau kelompok tertentu agar yang dipilih orang-orang yang sudah disiapkan sesuai agenda aktor yang mengaturnya,” seperti disampaikan dalam rilisnya, Senin (27/2). /3/2023).

Sebelumnya, proses seleksi KPU Provinsi juga direspons pesimis oleh Ambin Demokrasi. Mereka khawatir atas proses seleksi KPU kabupaten/kota, prosesnya sama saja dengan seleksi KPU provinsi, tidak kredibel, tidak transparan, penuh kejanggalan dan menghasilkan beberapa calon penyelenggara pemilu yang bermasalah.

Sangat penting memilih orang-orang yang berkualitas sekaligus berintegritas, sebab sebagian besar kecurangan pemilu dilakukan melalui perantara penyelenggara pemilu yang tidak jujur ​​dan tidak adil. Juga transaksi hasil perolehan suara, dapat menjual, ditukar, dialihkan. Semuanya sebagian besar melalui penyelenggara pemilu yang tidak jujur ​​dan tidak adil.

Ambin Demokrasi berharap, rekam jejak calon yang mengerti dan benar-benar ingin memajukan demokrasi yang terpilih. Kalau perlu jemput bola guna menjaring orang-orang dengan integritas baik dan bisa bekerja dengan benar. 

Mereka juga menyorot, jika tidak jeli dan kurang serius lembaga ini hanya akan diisi orang-orang oportunis, yang mau dibayar untuk membelokkan proses demokrasi, demi kepentingan orang dan kelompok tertentu.

Penyelenggaraan pemilu yang baik tergantung pada penyelenggara pemilu yang berintegritas. Penyelenggara pemilu yang berintegritas berarti mengandung unsur penyelenggara yang jujur, transparan, akuntabel, cermat dan akurat dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya. Integritas penyelenggara menjadi penting, karena menjadi salah satu tolak ukur terciptanya pemilu demokratis.

pengumuman, Senin (27/3/2023) kemarin Timsel Calon Anggota KPU kabupaten/kota se-Kalsel sudah mengumumkan sebanyak 394 calon yang dinyatakan lulus administrasi. sebanyak 214 orang yang lulus di Kalimantan Selatan 1 dan 180 orang yang lulus di Kalimantan Selatan 2, tertuang dalam surat bernomor: 012/Timsel 1 KABKOTA-GEL 2-Pu,/02/63/2023 dan Nomor: 012/Timsel 2 KABKOTA- GEL 2-Pu/02/63/2023.

Ambin Demokrasi yang beranggotakan antara lain Hairansyah, Noorhalis Majid, Muhammad Effendy, Winardi Sethiono, Adenansi, ini berharap tim seleksi bekerja dengan benar dan memilih orang-orang terbaik (kapabel, kredibel dan berintegritas tinggi). 

Editor: Khairiadi Asa

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال